Jules Chéret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jules Chéret
LahirJules Chéret
(1836-05-31)31 Mei 1836
Paris, Prancis
Meninggal23 September 1932(1932-09-23) (umur 96)
KebangsaanPrancis
PendidikanÉcole Nationale de Dessin
Dikenal atasLithografi, Poster
Gerakan politikArt Nouveau
PenghargaanLégion d'honneur

Jules Chéret (31 Mei 1836 – 23 September 1932) adalah seorang pelukis Prancis dan litografer yang menjadi master Belle Époque poster art. Dia telah disebut sebagai bapak poster modern.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Paris dari keluarga pengrajin yang miskin namun kreatif, Chéret memiliki pendidikan yang sangat terbatas. Pada usia tiga belas tahun, ia memulai magang tiga tahun dengan seorang ahli litograf dan kemudian minatnya pada lukisan membawanya untuk mengambil kursus seni di cole Nationale de Dessin. Seperti kebanyakan seniman pemula lainnya, Chéret mempelajari teknik berbagai seniman, dulu dan sekarang, dengan mengunjungi museum Paris.

Dari tahun 1859 hingga 1866, ia dilatih dalam litografi di London, Inggris, di mana ia sangat dipengaruhi oleh pendekatan Inggris terhadap desain dan pencetakan poster. Sekembalinya ke Prancis, Chéret membuat iklan poster yang jelas untuk cabarets, music halls, dan teater seperti Eldorado, Olympia, Folies Bergère, Théâtre de l'Opéra, Alcazar d'Été dan Moulin Rouge. Dia membuat poster dan ilustrasi untuk mingguan satir Le Courrier français.

Karya-karyanya dipengaruhi oleh adegan kesembronoan yang digambarkan dalam karya seniman Rococo seperti Jean-Honoré Fragonard dan Antoine Watteau. Begitu banyak permintaan dia, sehingga dia memperluas bisnisnya dengan menyediakan iklan untuk drama rombongan tur, festival kota, dan kemudian untuk minuman dan minuman keras, parfum, sabun, kosmetik dan produk farmasi. Akhirnya ia menjadi kekuatan periklanan utama, menambahkan perusahaan kereta api dan sejumlah bisnis manufaktur ke daftar kliennya.

Ketika karyanya menjadi lebih populer dan poster-poster besarnya yang menampilkan perempuan-perempuan berjiwa bebas yang sederhana menemukan khalayak yang lebih besar, para pakar mulai memanggilnya "bapak pembebasan perempuan." Perempuan sebelumnya digambarkan dalam seni sebagai pelacur atau puritan. Poster-poster wanita Chéret, gembira, anggun, dan hidup—'Cherettes', demikian sebutan populer mereka—tidak keduanya. Itu membebaskan bagi para wanita Paris, dan menandai suasana yang lebih terbuka di Paris di mana wanita dapat terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya tabu, seperti mengenakan korset berpotongan rendah dan merokok di depan umum. 'Cherettes' ini terlihat dan dikenali secara luas, dan seorang penulis pada masa itu berkata, "Sulit membayangkan Paris tanpa 'Cherets' (sic)."[1]

Pada tahun 1895, Chéret menciptakan koleksi Maîtres de l'Affiche, sebuah publikasi seni penting dari reproduksi berukuran lebih kecil yang menampilkan karya terbaik dari sembilan puluh tujuh seniman Paris. Keberhasilannya mengilhami industri yang melihat munculnya generasi baru desainer poster dan pelukis seperti Charles Gesmar dan Henri de Toulouse-Lautrec. Salah satu muridnya adalah Georges de Feure.

Di usia tuanya, Chéret pensiun ke iklim yang menyenangkan di French Riviera di Nice. Dia meninggal pada tahun 1932 pada usia sembilan puluh enam dan dikebumikan di Cimetière Saint-Vincent di Montmartre kuartal Paris.

Dia dianugerahi Légion d'honneur oleh Pemerintah Prancis pada tahun 1890 atas kontribusinya yang luar biasa pada seni grafis. Meskipun lukisannya membuatnya mendapatkan rasa hormat tertentu, itu adalah karyanya membuat poster iklan, diambil hanya untuk membayar tagihannya tetapi akhirnya dedikasinya, yang dia ingat hari ini.[2]

Pada tahun 1933 ia dihormati dengan pameran anumerta karyanya di Salon d'Automne yang bergengsi di Paris. Selama bertahun-tahun, poster Chéret menjadi banyak dicari oleh kolektor dari seluruh dunia.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ History and Development of Advertising 1929, page 496
  2. ^ "Biography at Cheret.info". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-04-04. Diakses tanggal 2007-03-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]