JoongAng Ilbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
JoongAng Ilbo
Gedung JoongAng Ilbo
TipeKoran harian
FormatBerliner
PemilikJoongAng Media Network
PenerbitSong Pil-ho
Didirikan22 September 1965
Pandangan politikKonservatif, bisnis
PusatSunhwa-dong, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan
Situs webwww.joongang.co.kr
Nama Korea
Hangul
중앙일보
Hanja
中央日報
Alih AksaraJungang Ilbo
McCune–ReischauerChungang-ilbo


JoongAng Ilbo adalah sebuah koran konservatif yang diterbitkan di Seoul, Korea Selatan. JoongAng Ilbo adalah koran terbesar ke-3 di Korea Selatan. JoongAng Ilbo memiliki sirkulasi 1,96 juta salinan di Korea Selatan (tahun 2004). Rata-rata halaman yang menghitung per salinan adalah sekitar 52. Makalah ini juga menerbitkan edisi bahasa Inggris, Korea JoongAng Daily, dalam persekutuan dengan International Herald Tribune.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertama kali diterbitkan pada tanggal 22 September 1965 oleh Lee Byung-chul, pendiri Samsung Group. Setelah dimiliki Tongyang Broadcasting Company (TBC), yang juga salah satu perusahaan Samsung. Pada tahun 1980, Joongang Ilbo melepaskan TBC dan TBC digabungkan dengan KBS. Joongang Ilbo merintis digunakan di Korea Selatan sebagai salinan tata letak horisontal, bagian topik, dan wartawan spesialis dengan tim liputan investigatif. Sejak 15 April 1995, Joongang Ilbo telah ditata secara horizontal. Pada saat itu juga menjadi sebuah koran pagi.

Pada tanggal 18 Maret 2007, telah menghasilkan edisi Mingguan yang disebut JoongAng Minggu.

Dunia[sunting | sunting sumber]

Ia memiliki edisi Amerika Serikat, dengan cabang dari Toronto ke Buenos Aires. Perusahaan induknya, JMnet(JoongAng Media Network) memegang hak publikasi untuk Newsweek Korea dan Forbes Korea.


Kritik[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]