John Nance Garner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Nance Garner
John Garner
Wakil Presiden Amerika Serikat 32
Masa jabatan
4 Maret 1933 – 20 Januari 1941
PresidenFranklin Delano Roosevelt
Informasi pribadi
Lahir(1868-01-22)22 Januari 1868
Meninggal7 November 1967(1967-11-07) (umur 99)
Partai politikDemokrat
Suami/istriMariette Rheiner
Anak1
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

John Nance Garner (22 Januari 1868 – 7 November 1967) Ia merupakan anak dari pasangan John N. Garner dan Sarah Guest. Ia belajar ilmu hukum dan memulai praktik pengacara pada tahun 1890 di Uvalde County, Texas. Ia juga pernah menjadi hakim di Uvalde County (1893-1896) dan anggota DPRD Texas pada tahun 1898-1902.

Karier[sunting | sunting sumber]

Garner terpilih sebagai anggota Kongres AS pada tahun 1902 dan terpilih berturut-turut sampai tahun 1933. Garner bertipe pekerja keras dan membuatnya dihormati oleh rekan-rekannya di Partai Demokrat. Ia dipilih sebagai pemimpin minoritas di DPR dan kemudian menjadi Ketua DPR pada tahun 1931. Pada tahun 1932, Garner maju dalam pencalonan presiden Partai Demokrat. Namun setelah menyadari bahwa Franklin Delano Roosevelt (FDR) akan memenangkan nominasi, Garner memutuskan untuk mendampingi FDR sebagai calon wapres. Ia berhasil menjadi Wakil Presiden ke-32 dan mendampingi Roosevelt sampai tahun 1941. Pada masa jabatan kedua, tampak terjadi perbedaan pandangan antara FDR dan Garner. Misalnya, Garner setuju intervensi Pemerintah Federal dalam mengatasi pemogokan buruh, mendukung keseimbangan anggaran federal, menentang pengangkatan hakim tambahan di Mahkamah Agung dan menentang intervensi pihak eksekutif dalam masalah internal legislatif.

Selama tahun 1938-1939, pendukung suami dari Marriette Rheiner ini mendesak agar Garner maju dalam pencalonan presiden tahun 1940. Garner tahu bhawa ia bisa meraih dukungan dari pihak tradisional Partai Demokrat - yang sering bentrok dengan pendukung program New Deal-nya FDR. Polling dari Gallup menunjukkan bahwa Garner adalah favorit pemilih Demokrat, sambil menduga bahwa FDR tidak maju dalam jabatan ke tiga. Meskipun Garner tidak pernah mengumumkan pencalonannya, FDR diam-diam menyusun rencana untuk maju pada masa jabatan ke-3. Garner memutuskan tetap maju ke dalam pertarungan karena ia sangat tak setuju dengan apa yang jadi sikap Presiden FDR dan menentang keinginan FDR untuk menjabat sebagai presiden untuk kali ke tiga. FDR mengalahkan Garner dalam pra pemilihan Demokrat dan memenangkan pencalonan dalam konvensi Partai Demokrat sebagai urutan pertama.

Mundur Dari Politik[sunting | sunting sumber]

Garner memutuskan mundur dari dunia politik setelah mengakhiri masa jabatan Wakil Presiden pada tahun 1941. Ia kemudian mengelola perusahaannya, mengasuh cucu dan buyut dan memancing. Ia masih tetap menjadi rujukan para tokoh Demokrat, khususnya karena kedekatannya dengan Harry Truman - Presiden AS setelah FDR.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Garner wafat pada tgl. 7 November 1967 di Uvalde, Texas, dan dikenang sebagai mantan Wapres yang berusia paling panjang.