Hugo Theorell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hugo Theorell

Axel Hugo Theodor Theorell (Linkoping, 6 Juli 1903Stockholm, 15 Agustus 1982) ialah seorang ilmuwan Swedia dan pemenang Nobel Kedokteran.

Orang tuanya bernama Thure Theorell dan Armida Bill. Theorell masuk sekolah dasar di Katedralskolan, Linköping dan lulus ujian di sana pada tanggal 23 Mei 1921. Di bulan September, ia mulai belajar kedokteran di Institut Karolinska dan pada tahun 1924 ia lulus sebagai sarjana kedokteran. Lalui ia belajar bakteriologi 3 bulan di Institut Pasteur, Paris di bawah Profesor Albert Calmette. Pada tahun 1930 ia mendapatkan gelar dokter dengan teori pada lipid plasma darah, dan diangkat sebagai guru besar kimia fisiologi di Karolinska Institutet.

Theorell, yang mempersembahkan seluruh kariernya untuk penelitian enzim, menerima Hadiah Nobel Kedokteran pada tahun 1955 untuk penemuan oksidasi enzim dan pengaruhnya. Ia merupakan mantan kepala penelitian Institut Nobel, peneliti pertama yang terkait lembaga tersebut yang dianugerahi Penghargaan Nobel.

Karyanya telah menimbulkan proses perintisan pada enzim ADH, yang memecah alkohol dalam ginjal. Karyanya dielu-elukan di Swedia dan negara lain. Dan ia menerima gelar kehormatan dari sejumlah perguruan tinggi di Prancis, Belgien, Brasil, dan Amerika Serikat.

Rujukan[sunting | sunting sumber]