Hal Abelson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hal Abelson
Hal Abelson pada tahun 2007
AlmamaterPrinceton University
MIT
Dikenal atasCreative Commons, Public Knowledge, Free Software Foundation, Structure and Interpretation of Computer Programs
PenghargaanBose Award (MIT School of Engineering, 1992)
Taylor L. Booth Education Award (IEEE, 1995)
Karier ilmiah
Bidangcomputer science, ethics, law, methodology, amorphous computing
InstitusiMassachusetts Institute of Technology

Harold (Hal) Abelson adalah seorang Profesor Teknik Elektro dan Ilmu Komputer di Institut Teknologi Massachusetts (MIT), anggota IEEE, serta termasuk pendiri Creative Commons dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas (Free Software Foundation).

Abelson meraih gelar sarjana (B.A.) dari Universitas Princeton dan gelar doktor (Ph.D.) di bidang matematika dari MIT. Pada tahun 1992, Abelson ditetapkan sebagai salah seorang dari enam anggota awal MacVicar Faculty Fellows. Penetapan tersebut sebagai pengakuan atas sumbangsihnya yang berkelanjutan dan signifikan dalam pengajaran dan pendidikan kesarjanaan. Pada tahun 1995, Abelson menerima Bose Award (Penghargaan di bidang pengajaran dari Sekolah Teknik MIT). Abelson juga merupakan pemenang Penghargaan Pendidikan Taylor L. Booth yang diberikan oleh IEEE Computer Society, atas sumbangsih sinambungnya dalam bidang pedagogi dan pengajaran pengantar ilmu komputer.