Generator fungsi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Digital oscilloscope dan pembangkit fungsi

Generator fungsi atau pembangkit fungsi adalah bagian dari peralatan atau peranti lunak uji coba elektronik yang digunakan untuk menciptakan gelombang listrik. Gelombang ini dapat berulang-ulang atau satu kali yang mana dalam kasus ini diperlukan semacam sumber pemicu, secara internal ataupun eksternal.

Tipe lain dari generator fungsi adalah sub-sistem yang menyediakan keluaran sebanding terhadap beberapa masukan fungsi matematika. Contohnya, keluaran berbentuk kesebandingan dengan akar kuadrat dari masukan. Alat seperti itu digunakan dalam sistem pengendali umpan dan komputer analog.

Contoh pembangkit fungsi yang sederhana

Generator fungsi analog umumnya menghasilkan gelombang segitiga sebagai dasar dari semua keluarannya. Segitiga ini dihasilkan oleh kapasitor yang dimuat dan dilepas secara berulang-ulang dari sumber arus konstan. Hal ini menghasilkan ramp voltase menanjak dan menurun secara linier. Ketika keluaran voltase mencapai batas atas dan batas bawah, proses pemuatan dan pelepasan dibalik menggunakan komparator, menghasilkan gelombang segitiga linier. Dengan arus yang beragam dan ukuran kapasitor, frekuensi yang berbeda dapat dihasilkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]