GPIB Tugu Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de geografia políticaGPIB Tugu Jakarta
gereja

Tempat
Negara berdaulatIndonesia
Ibu kota IndonesiaJakarta
Kota administrasi di IndonesiaKota Jakarta Utara
NegaraIndonesia
Sejarah
Pembuatan1670

Gereja Tugu adalah salah satu gereja tertua di Indonesia terletak di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Secara pasti tidak diketahui kapan mulai dibangun, tetapi para ahli sejarah menyimpulkan sekitar tahun 1676-1678, bersamaan dengan dibukanya sebuah sekolah rakyat pertama di Indonesia oleh Melchior Leydecker.[1]

Pada tahun 1737 Gereja Tugu dilakukan renovasi yang pertama di bawah pimpinan pendeta Van De Tydt, dibantu oleh seorang pendeta keturunan Portugis kelahiran Lisabon yaitu Ferreira d'Almeida dan orang-orang Mardijkers.

Pada tahun 1740 gereja Tugu hancur, bersamaan dengan terjadinya peristiwa Pemberontakan Tionghoa (Cina Onlusten) dan pembantaian orang-orang Tionghoa di Batavia, pada masa Gubernur Jenderal Adriaan Valckenier yang berkuasa di Batavia pada tahun 17371741.

Kemudian pada tahun 1744 atas bantuan seorang tuan tanah Yustinus Vinck gereja ini dibangun kembali, dan baru selesai pada 29 Juli 1747 yang kemudian diresmikan pada tanggal 27 Juli 1748 oleh pendeta J.M. Mohr.

Sampai saat ini gereja tersebut masih berdiri dan berfungsi sebagai "GPIB Tugu", walaupun di berbagai sudut sudah banyak yang harus diperbaiki karena faktor usia. Gereja ini tampak sederhana tetapi tampak kokoh dan rapi, dengan berisi bangku diakon antik, piring-piring logam, dan mimbar tua. Lonceng yang ada di gereja tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 1880, karena lonceng paling tua yang dibuat 1747 sudah rusak dan disimpan di rumah pendeta di sana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gereja Tugu, Wisata Sejarah". encyclopedia.jakarta-tourism.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-05. Diakses tanggal 2020-02-11.