Front Demokratik untuk Reunifikasi Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Front Demokratik untuk Reunifikasi Korea
조국통일민주주의전선
Pemimpin TertinggiKim Jong-un
KomisarisMaeng Kyong-il
PendiriKim Il-sung
Dibentuk22 Juli 1946; 77 tahun lalu (1946-07-22)
Kantor pusatPyongyang
Ideologi
Posisi politikKiri jauh[n 2]
Majelis Tertinggi Rakyat
687 / 687
Front Demokratik untuk Reunifikasi Korea
Josŏn-gŭl
조국통일민주주의전선
Hanja
Alih AksaraJoguk tong(-)il minju juui jeonseon
McCune–ReischauerChoguk t'ongil minju chuŭi chŏnsŏn

Front Demokratik untuk Reunifikasi Korea, juga dikenal sebagai Front Demokratik untuk Reunifikasi Tanah Air, atau Front Tanah Air, yang dibentuk pada tanggal 22 Juli 1946,[1] adalah suatu front rakyat di Korea Utara yang dipimpin oleh Partai Buruh Korea. Pada awalnya disebut sebagai Front Demokratik Persatuan Tanah Air Korea Utara.[2] Aliansi ini biasanya juga disebut sebagai Front Tanah Air.

Ketiga partai politik di Korea Utara; Partai Pekerja Korea, Partai Demokrat Sosial Korea, dan Partai Chongu Chondois, semunya bergabung dalam front ini. Anggota lainnya adalah organisasi sosial dan organisasi pemuda, seperti Persatuan Anak-Anak Korea, Liga Pemuda Sosialis Kim Il Sung, Korps Perintis Muda dan Liga Wanita Demokratik Korea.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejumlah sarjana, seperti B. R. Myers dan Michael J. Seth, berpendapat bahwa ideologi Partai Buruh Korea, yang memimpin FDRK, tidak ada kesamaan dengan komunisme, terlepas dari pandangan resmi partainya
  2. ^ Sejumlah sarjana, seperti B. R. Myers, menggambarkan Partai Buruh Korea, yang memimpin FDRK, sebagai kanan jauh karena penekanannya pada nasionalisme etnik Korea.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Democratic Front for the Reunification of the Fatherland". Naenara.kp. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2008. 
  2. ^ "Project MUSE". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2014-05-15.