Flavoprotein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Flavoprotein dengan kode PDB 1yoa

Flavoprotein adalah salah satu protein yang terdapat dalam rantai transpor elektron.[1] Flavoprotein akan menerima elektron dari NADH dehidrogenase. Flavoprotein merupakan turunan dari asam nukleat riboflavin.[1] Bagian flavin terikat pada protein, merupakan kelompok protestik yang direduksi yang akan menerima elektron dan proton dan dioksidasi ketika elektron tersebut menuju carrier yang lain dalam rantai tersebut.[1] Flavoprotein mengambil elektron dan proton, tetapi yang akan diteruskan ke carrier yang lain hanyalah elektron.[1] Dua buah flavin secara umum ditemukan dalam sel adalah flavin mononukleotida (FMN) dan flavin adenin dinukleotida (FAD).[1] FMN akan terikat pada ribosa dan adenin melalui fosfat kedua.[1] Riboflavin atau vitamin B12 merupakan sumber utama flavin untuk flavoprotein dan dibutuhkan sebagai faktor pertumbuhan bagi beberapa organisme.[1] Sitokrom merupakan salah satu flavoprotein yang sensitif terhadap cahaya biru, karena memiliki enzim yang sensitif cahaya biru yang disebut fotoliase.[2] Enzim ini berperan dalam perbaikan DNA yang rusak akibat terpapar sinar ultra-violet.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Madigan M, Martinko J, Stahl D, Clark D. 2012. Brock Biology of Microorganisms. New York: Pearson.
  2. ^ a b (Inggris) Albert B, Johnson A, Lewis J, Raff M, Roberts K,Walter P. 2008. Molecular Biology of The Cell. Ed ke-5. New York: Garland Science.