Festival Film Internasional Cinemanila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Festival Film Internasional Cinemanila adalah sebuah festival film tahunan yang diadakan di Manila, Filipina. Festival ini didirikan oleh pembuat film Filipina Amable "Tikoy" Aguiluz pada tahun 1999. Fokus festival ini adalah pada perfilman Filipina serta perfilman Asia Tenggara.

Ikon Cinemanila adalah bulol, dewa yang kehadirannya memastikan panen yang baik. Festival Film Internasional Cinemanila menyebut bulol sebagai berkah bagi industri film Filipina pada umumnya – sebagai doa menuju panen yang baik, karunia berlimpah bagi perfilman Filipina yang sangat baik. Di bagian kompetitif dari festival ini, penghargaan teratas adalah Penghargaan Lino Brocka, diberikan untuk menghormati sutradara Filipina yang terkenal, Lino Brocka. Penghargaan lain, Penghargaan Ishmael Bernal untuk Pefilman Muda, pertama kali diberikan di festival ini pada tahun 2000, untuk menghormati sutradara Filipina Ishmael Bernal, untuk pembuat film independen muda Filipina.

Salah satu komponen Cinemanila yang dijalankan adalah Sine Barangay - acara selama tiga hari dengan apresiasi film dan lokakarya pendidikan gratis, yang berpuncak pada pemutaran film terbuka untuk penduduk barangay.[1] Festival film ini sebelumnya diadakan di Marikina Riverbanks dan Bonifacio High Street. Pada tahun 2012, Cinemanila meluncurkan "Cinemanila Moonlight Series", pemutaran di luar ruangan secara teratur yang diperluas dari Sine Barangay, yang berlangsung selama musim kemarau di Manila.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival Film Cinemanila kedua diadakan dari 3 hingga 10 Juli 1999 di Mandaluyong City. Festival ini adalah festival film internasional pertama di Filipina sejak Festival Film Internasional Manila, yang telah diadakan pada 1980-an.[2] (Terdapat Festival Film Metro Manila, tetapi festival ini adalah festival nasional yang hanya menayangkan film-film Filipina). Festival ini menampilkan ceramah mengenai sinematografi oleh sinematografer Australia-Hong Kong Christopher Doyle.

Festival ini biasanya menjadi urusan yang tidak penting dalam hal kunjungan karpet merah oleh pesohor asing. Namun, pada tahun 2003, festival ini menghormati bintang-bintang Hollywood dengan akar-akar Amerika-Filipina, dan dihadiri oleh Lou Diamond Phillips, Tia Carrere, Dean Devlin dan Rob Schneider. Pada tahun yang sama, Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup pertama diberikan, menghormati aktris Indonesia Christine Hakim.[3]

Di antara komunitas festival film dunia, Cinemanila telah mendapatkan kehormatan dengan pemrograman film Asia yang independen. Juri di festival-festival sebelumnya termasuk Christian Jeune, direktur departemen film dari Festival Film Cannes.[4]

Inkarnasi awal festival film ini diadakan di luar Manila, meskipun masih di daerah Metro Manila, di Kota Makati, dan untuk sementara waktu dikenal sebagai Festival Film Internasional Makati Cinemanila. Pada tahun 2005, festival berpindah ke batas kota Manila, dengan pemutaran diadakan di SM City Manila dan bioskop Robinsons Ermita.[5][6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Plaza, Gerry (24 Oktober 2008). "Filmfest in your neighborhood". Philippine Daily Inquirer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2012. 
  2. ^ Zulueta, Lito B. (27 Juni 1999). "Will Cinemanila put us back in the world-cinema map?". Philippine Daily Inquirer (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ Reyes, Paolo R.; Cuenca-Dario, Janine (28 Oktober 2006). "Lights, camera, Cinemanila!". Philippine Daily Inquirer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2011. Diakses tanggal 17 Agustus 2007. 
  4. ^ Bautista, Jude (7 November 2006). "06 indie masterpieces premiere in Cinemanila". The Manila Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2007. Diakses tanggal 17 Agustus 2007. 
  5. ^ Ladaw, Dennis (12 Oktober 2005). "Cinemanila is finally in Manila!" (dalam bahasa Inggris). The Manila Times. Diakses tanggal 17 Agustus 2007. [pranala nonaktif permanen]
  6. ^ "Atienza, Aguiluz open Cinemanila festival" (dalam bahasa Inggris). Manila Bulletin. 14 Oktober 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-06. Diakses tanggal 17 Agustus 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]