FRELIMO

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

FRELIMO (Frente de Libertação de Moçambique, Inggris: Liberation Front of Mozambique) (IPA: /fɾeˈlimo/) adalah partai politik yang didirikan pada tahun 1962 untuk memperjuangkan kemerdekaan Mozambik, yang berhasil dicapai pada tahun 1975. Partai ini lalu menguasai Mozambik sampai sekarang.

Gerakan menuju sosialisme demokratik (1989-2000)[sunting | sunting sumber]

Bekas bendera FRELIMO (1987-2004)

Dengan pembersihan sisa-sisa terakhir Marxisme dari FRELIMO pada Kongres ke-5 Partai, program reformasi ekonomi yang lebih baik dipercaya dengan bantuan Bank Dunia, IMF, dan berbagai bantuan internasional lainnya. FRELIMO juga meyakini diperlukan untuk mengurangi semua jejak pengaruh sosialis, yang berakibat pemecatan Marxis garis keras seperti Sergio Viera, Jorge Robello dan Marcelino dos Santos dari posisi jabatan dan pengaruh di dalam partai. Selain itu, FRELIMO mulai merevisi sejarah Perang Kemerdekaan Mozambik dengan merubahnya untuk menyesuaikan dengan pandangan baru FRELIMO yang bertentangan dengan pandangan pro-kapitalis.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Dinerman, Alice (September 2007). "Independence redux in postsocialist Mozambique". IPRI Revista Relações Internacionais (15).