Eudes dari Orléans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eudes I; juga Hodo, Uodo, atau Udo di dalam kontemporer Latin) (meninggal tahun 834) merupakan seorang Comte Orléans (comes Aurelianensium) disertai dengan penurunan takhta Matfrid d'Orléans sampai penurunan takhtanya sendiri beberapa tahun kemudian.

Ia berasal dari anggota keluarga Wangsa Udalriching dan merupakan putra Adrien, yang juga menguasai provinsi Orléans, dan kemungkinan adalah Waldrada, suku Nibelungides. Eudes pertama kali muncul sebagai wakil kekaisaran Sachsen Timur pada tahun 810, ketika ia ditangkap oleh suku Wieleten. Pada tahun 811, sebagai seorang Comte (comes), menurut Annales Fuldenses, ia menandatangani perjanjian dengan bangsa Viking.

Menurut Vita Hludowici, pada tahun 827, ia ditunjuk untuk menggantikan Matfrid yang dipecat di Orléans. Eudes, bersama dengan Heribert, seorang kerabat, diduga sepupunya, diasingkan pada bulan April 830 oleh Lothair I dan Orléans disita. Status Matfrid dipulihkan.

Pada tahun 834, ketika berselisih dengan Matfrid dan Lambert I dari Nantes, partisan Lothaire, Eudes, saudaranya Guillaume, Gui, dan Theodo, kepala biarawan Martinus dari Tours, tewas dibunuh.

Istri Eudes adalah Engeltrude atau Ingiltrud. Putri sulung mereka Ermentrude menikah dengan Charles yang Botak dari Franka Barat. Ia meninggalkan seorang putra, Guillaume yang dieksekusi oleh saudara iparnya sendiri pada tahun 866.

Sumber[sunting | sunting sumber]