Erzsébet dari Cuman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Erzsébet dari Cuman
Permaisuri Hungaria
Periode1270–1272
Informasi pribadi
Kelahiran1244
Kematian1290
WangsaWangsa Árpád
Ayah(kepala suku Cuman) Seyhan
PasanganIstván V dari Hungaria
AnakErzsébet
Katalin
Maria
Anna
László IV dari Hungaria
András dari Slavonia
Tanda tanganErzsébet dari Cuman

Erzsébet dari Cuman merupakan Permaisuri István V dari Hungaria. Ia bertindak sebagai pemangku takhta Hungaria selama putranya masih bocah pada tahun 1272-1277.

Kelahiran dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Para sejarahwan menunjukkan bahwa piagam mertuanya, Béla IV mengacu pada kepala suku Cuman Seyhan sebagai sanak saudaranya, menyiratkan bahwa Seyhan adalah ayahanda Erzsébet.[1][2] Suku Cuman adalah suku barat dari konfederasi Cuman-Kipchak. Rakyatnya mengikuti agama syaman dan dianggap pagan oleh Kristen Eropa modern. Ia memiliki seorang saudari yang menikah dengan bangsawan Hungaria yang bernama Gergely Monoszló.

Pada tahun 1238, Köten Khan ayahandanya menurut para sejarahwan lain memimpin Cuman dan sejumlah wangsa lainnya menyerang Kerajaan Hungaria saat melarikan diri dari gerombolan yang maju dari Kekaisaran Mongolia. Pada waktunya, Béla IV dari Hungaria menegosiasikan sebuah aliansi dengan Köten dan rakyatnya, memberi mereka suaka sebagai ganti perpindahan agama mereka ke Katolik Roma dan kesetiaan kepada Raja. Kesepakatan itu disegel dengan pertunangan Erzsébet kepada István, putra sulung Béla IV. Kesepakatan itu tampaknya terjadi saat István masih bayi. Erzsébet tidak mungkin lebih tua dari calon suaminya. Pada tahun 1241, Serangan Mongol ke Eropa di bawah pimpinan Batu Khan dan Subutai dimulai, dengan Hungaria berada di antara target utamanya. Köten dibunuh oleh bangsawan Hungaria karena takut akan melakukan pembelotan ke pihak lain.

Sebagai ratu[sunting | sunting sumber]

Béla IV kembali dari Austria setelah evakuasi Mongol. Setelah kembali berkuasa, Béla mulai membangun kembali negaranya, termasuk sebuah kampanye pembangunan besar-besaran yang menghasilkan sistem istana sebagai pertahanan melawan ancaman kembalinya Mongol. Köten meninggal tapi pertunangannya masih berlaku. Erzsébet menjadi penganut Katolik Roma dalam persiapannya untuk menikah. Pernikahan István dan Erzsébet berlangsung pada tahun 1253. Mempelai prianya berusia dua belas tahun dan mempelai wanitanya berusia tidak jauh berbeda darinya. Ia menjadi ratu Hungaria setelah kematian ayah mertuanya pada tanggal 3 Mei 1270.

Sebagai pemangku takhta[sunting | sunting sumber]

István meninggal pada tanggal 6 Agustus 1272. Erzsébet menjadi Wali penguasa untuk putra mereka yang berusia sepuluh tahun, László IV. Jabatannya berlangsung sampai tahun 1277 dan menyaksikan revolusi istana dan perang saudara. Pembinaan putranya akan menyebabkan akan menimbulkan masalah lebih lanjut di masa pemerintahannya. László menyukai masyarakat Cuman "semi-pagan", yang diturunkan dari ibundanya. Ia mengenakan pakaian Cuman sebagai pakaian istananya, selir-selir Cuman yang mengelilinginya dan dengan demikian mengasingkan bangsawan Hungaria. Usaha selanjutnya untuk mendapatkan kembali kesetiaan Hungaria, bukan mengasingkan Cuman. Ia dibunuh di tendanya oleh pembunuh Cuman ketika berkemah di wilayah Kadipaten Bihar pada tanggal 10 Juli 1290. Pada saat itu Erzsébet sendiri tampaknya juga telah tiada. Tidak ada yang menyebutkannya di masa pemerintahan penerusnya, András III. Konon ia meninggal pada tahun 1290.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Erzsébet dan István dari Hungaria memiliki keturunan sebagai berikut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [(Hungarian) Kristó, Gyula; Makk, Ferenc (1996). Az Árpád-ház uralkodói [Rulers of the House of Árpád]. I.P.C. Könyvek. ISBN 963-7930-97-3], p.268.
  2. ^ Klaniczay, Gábor (2002). Holy Rulers and Blessed Princes: Dynastic Cults in Medieval Central Europe. Cambridge University Press. ISBN 0-521-42018-0., p.439.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Maria Laskarina
Permaisuri Hungaria
1270–1272
Diteruskan oleh:
Elizabeth dari Sisilia
Didahului oleh:
Ugrin Čak
Ban Macsó
Adipati Macsó dan Bosnia
1279–1284
Diteruskan oleh:
Stefan Dragutin
Raja Syrmia