Erebos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Erebos
Perwujudan kegelapan
SimbolKegelapan dan Kabut gelap
PasanganNiks
Orang tuaKhaos
SaudaraGaia, Tartaros, Eros, dan Niks
AnakAither dan Hemera

Dalam mitologi Yunani, Erebos (bahasa Yunani Kuno: Ἔρεβος Erebus "gelap gulita, bayangan") adalah perwujudan kegelapan. Menurut puisi Theogonia karya Hesiodos, Erebos adalah salah satu dari protogenoi, yaitu anak-anak Khaos, bersama dengan Gaia (bumi), Tartaros (lubang neraka), Eros (cinta), dan Niks (malam).[1] Niks adalah istri Erebos, dan bersamanya mempunyai dua anak: Aither (atmosfer dan keterangan), dan Hemera (siang); di beberapa sumber, Erebos juga adalah ayah dari para Hesperides, Hipnos (tidur), para Moirai (nasib), Geras (penuaan) (menurut Hyginus), Stiks, Kharon, Thanatos (kematian), dan Eros (menurut Aristophanes (c.414 SM)).

Di beberapa konteks pada Sastra Yunani, Erebos adalah bagian dari Dunia bawah yang mana orang akan langsung melewati seketika setelah mati. Dia juga terkadang dipakai sebagai sinonim dari Tartaros, yang menurut Theogonia adalah salah satu saudara Erebos.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Hesiod, Theogony, in The Homeric Hymns and Homerica with an English Translation by Hugh G. Evelyn-White, Cambridge, MA.,Harvard University Press; London, William Heinemann Ltd. 1914.