Ensiklopedia Galaktika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ensiklopedia Galaktika adalah sebuah ensiklopedia fiksi dan hipotetikal yang berisi seluruh pengetahuan yang diakumulasikan oleh sebuah peradaban yang melingkupi sebuah galaksi. Nama tersebut meliputi aspek-aspek kenyataan dari Encyclopædia Britannica.

Ensiklopedia Galaktika karya Asimov[sunting | sunting sumber]

Ensiklopedia Galaktika mula-mula muncul dalam cerita pendek Isaac Asimov "Foundation" (Astounding Science Fiction, Mei 1942), kemudian diterbitkan lagi dengan judul "The Encyclopedists" dalam kumpulan cerita pendek Foundation (1951). Ensiklopedia Galaktika karya Asimov merupakan sebuah kompendium dari seluruh pengetahuan yang tersedia di Kekaisaran Galaktik, yang memberikan pengetahuan di sebuah kawasan galaksi.

Dalam dunia nyata[sunting | sunting sumber]

Istilah tersebut juga digunakan dalam konteks-konteks non-fiksi. Contohnya adalah penggunaannya oleh Carl Sagan (1934–1996) dalam buku 1980-nya Cosmos, dan serial video dokumenter dengan nama yang sama, yang merujuk kepada sebuah teks di mana peradaban ekstraterestrial hipotetikal dapat menyetor seluruh informasi dan pengetahuan mereka.[1]

Wikipedia telah dibandingkan dengan Ensiklopedia Galaktika serta Guide to the Galaxy karya The Hitchhiker.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]