Elfin Pertiwi Rappa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Elfin Pertiwi Rappa
LahirElfin Pertiwi Rappa
23 September 1995 (umur 28)[1]
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainElfin Rappa
AlmamaterUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Pekerjaan
Tahun aktif2014-sekarang

Elfin Pertiwi Rappa
Pemenang kontes kecantikan
Gelar
Warna rambutHitam
Warna mataHitam
Kompetisi
utama

Elfin Pertiwi Rappa (lahir 23 September 1995) adalah seorang model dan ratu kecantikan asal Indonesia. Ia merupakan Runner-up 1 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2014 dan dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2014.[2] Ia mewakili Indonesia pada kontes Miss International 2014, dimana ia meraih posisi 10 Besar dan Best National Costume.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Elfin pernah tercatat sebagai seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang.[3] Ia juga merupakan seorang model yang telah malang melintang cukup lama dan telah banyak meraih prestasi luar biasa dalam bidang permodelan di tingkat nasional. Diantaranya, Elfin pernah menjadi pemenang Cover Guest majalah Aneka Yess! pada tahun 2009, Duta Cardinal Awards 2010, Top 3 Star Teen High End Teen Magazine 2011, Top 3 Model Indonesia 2012, Gadis Palembang 2012, dan Gadis Sumatera Selatan 2013.[4]

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Rappa menghadiri Acara Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada tanggal 30 Januari 2015.

Puteri Indonesia 2014[sunting | sunting sumber]

Elfin dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2014 setelah menjadi Runner-Up I dalam ajang Puteri Indonesia 2014 sebagai perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan. Elfin belum dapat mengungguli saingan terdekatnya Elvira Devinamira kontestan asal Jawa Timur yang memenangkan kontes tersebut dan secara otomatis dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2014.

Namun, Elfin adalah wanita kedua dari Sumatera Selatan yang menyabet gelar Runner-Up I dan sekaligus membuat gelar ini dimenangkan secara berturut-turut/beruntun untuk pertama kali nya dalam sejarah kontes kecantikan Putri Indonesia khususnya untuk delegasi Sumatera Selatan.

Elfin memegang gelar tersebut setelah perwakilan Sumatera Selatan sebelumnya yaitu Marisa Sartika Maladewi juga berhasil memenangkan gelar yang sama pada tahun sebelumnya pada kontes Puteri Indonesia 2013 dimana pada saat itu Marisa dikalahkan oleh kontestan asal Sumatera Barat yaitu Whulandary Herman, yang keluar sebagai pemenang Puteri Indonesia 2013.

Miss International 2014[sunting | sunting sumber]

Karena kesuksesannya meraih posisi Runner-Up I Putri Indonesia 2014, maka Elfin berhak maju sebagai kontestan Miss International 2014 di Jepang mewakili Indonesia. Elfin sukses mencuri perhatian publik Indonesia khususnya para pemerhati kontes kecantikan internasional dengan menuai banyak pujian dan kritikan positif pada forum-forum beauty pageant online setelah dirinya meraih sukses luar biasa saat mewakili Indonesia dalam ajang kontes kecantikan terbesar ke-4 di dunia itu yang diadakan pada tanggal 11 November 2014 silam di Tokyo, Jepang.

Ia berhasil mengantarkan Indonesia ke prestasi tertingginya selama 1 dekade terakhir mengikuti ajang ini dengan meraih posisi Top 10 dan memenangkan penghargaan khusus sebagai Best National Costume award winning.[5] Sebelumnya Indonesia pernah merebut posisi Runner-Up II pada tahun 1977 dan masuk kedalam jajaran Top 15 pada tahun 2007.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pasca menjalankan tugas sebagai Putri Indonesia Lingkungan, Elfin memutuskan untuk pindah ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah dan mendalami dunia entertainment. Elfin berhasil lulus dari pendidikan kuliahnya pada tahun 2017 dengan gelar sarjana manajemen.[6] Pada tahun 2017 Elfin menikah dengan seorang anggota Kepolisian di Palembang dan kini telah memiliki seorang putra.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Sumatera Selatan Marisa Sartika Maladewi
Puteri Indonesia Lingkungan
2014
Diteruskan oleh:
Kalimantan Barat Chintya Fabyola
Didahului oleh:
Sumatera Selatan Marisa Sartika Maladewi
Puteri Indonesia Sumatera Selatan
2014
Diteruskan oleh:
Sumatera Selatan Desti Indah Rizky