Dodol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de menjarDodol
Asal
Negara asalIndonesia
Rincian
Jenismakanan manis
Bahan utamaSari kelapa
Penjual jenang di Pasar Klewer, Solo.
Dodol susu dari Pangalengan, Bandung
Proses pengupasan durian untuk diolah menjadi dodol di pabrik dodol Ny.Lauw, Tangerang, Banten

Dodol adalah penganan, dibuat dari tepung ketan, santan kelapa, dan gula merah, kadang-kadang dicampur dengan buah-buahan, seperti durian, sirsak dibungkus daun (jagung), atau kertas.[1]

Dodol merupakan penganan klasik yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno (Medang).[2][3] Penganan ini tercatat dalam Prasasti Alasantan, dan Prasasti Sangguran sebagai hidangan pencuci mulut para bangsawan Istana Mataram Kuno.[4][5]

Beberapa daerah di Indonesia terkenal karena dodolnya, seperti Garut dengan Dodol Garut (dodol yang berasal dari Kabupaten Garut), Dodol Ponorogo (dodol yang berasal dari Kabupaten Ponorogo), Dodol Semarang (dodol yang berasal dari Kabupaten Semarang), Dodol Solo (dodol yang berasal dari Kota Surakarta), Dodol Yogyakarta (dodol yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta), dan Dodol kandangan (dodol yang berasal dari Kandangan, Kalimantan Selatan).

Saat ini dodol mulai diminati konsumen dari negara lain, antara lain Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.[6]

Dodol & Jenang[sunting | sunting sumber]

Jenang dan Dodol sebenarnya memiliki bahan yang sama. Hanya saja perbedaan antara jenang dan dodol terletak pada teksturnya.

  • Dodol
* Dodol Lebih Kering
* Dodol Menggunakan Beras Yang Sudah Menjadi Tepung
  • Jenang
* Jenang Lebih Basah
* Jenang Menggunakan Beras Yang Masih Utuh (Yang Dimasak Setengah Matang "Dimasak Seperti Biasa / Dikukus" Sebelum Dimasukkan Kedalam Adonan)

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata "dodol" berasal dari bahasa Jawa "dodol"[7][8][9][10][11], yang diserap dari bahasa Jawa Kuno "dwadwal" (baca: dodol).[12]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dodol terdokumentasi pada kitab susastra dan beberapa prasasti di Ponorogo dari periode Kerajaan Medang di bumi Mataram (abad ke-9 dan abad ke-10). Kakawin Ramayana yang ditulis pada abad ke-9 pada era Kerajaan Medang dipimpin Dyah Balitung mencatat pada bagian 17.112 dalam bahasa Jawa Kuno[13][14]:

"dwadwal anekawarṇa lakĕtan tape paṅisi len."
"dodol beraneka rupa, ketan, tapai, dan isian lainnya"

Prasasti Gemekan (juga berbahasa Jawa Kuno) yang ditemukan tahun 2022 berangka tahun 930 M mencantumkan di sisi kanan baris 23 - 24[15]:

"nañjapan kurawu kurima asam dwadwal kapwa madulur malariḥ"
"[...] dan makanan ringan: kurawu, kurima, asam, dodol, semuanya diberi penerangan dan berdekatan"

Prasasti Sangguran (juga berbahasa Jawa Kuno) dari masa yang berdekatan (bertanggal 2 Agustus 928) juga mencantumkan di sisi verso (belakang) baris 44:

"[...] tiga sowang, winuwuhan tambal ī [...] dwadwal, kapwa manalarrnalari [...] laju, skar [...] "
"[...] masing-masing tiga, ditambah makanan (berupa) [...] dodol, semuanya [...] laju, bunga [...]"

Selanjutnya, dari masa klasik pasca-Majapahit, naskah Nawaruci (abad ke-17) sudah menyebutkan dodol. Serat Centhini (ditulis abad ke-19) berbahasa Jawa Baru, juga menyebut dodol sebagai salah satu "amik-amik" (penganan kecil).

Di Srilanka juga dikenal sejenis dodol yang dsebut kalu dodol dan diperkirakan dibawa oleh masyarakat pedagang Melayu yang menetap di sana dari masa pra-kolonial.

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

Dalam tahap pembuatannya, bahan-bahan dicampur bersama dalam kuali yang besar dan dimasak dengan api sedang. Dodol yang dimasak tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan, karena jika dibiarkan begitu saja, maka dodol tersebut akan hangus pada bagian bawahnya dan akan membentuk kerak. Oleh sebab itu, dalam proses pembuatannya campuran dodol harus diaduk terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik. Waktu pemasakan dodol kurang lebih membutuhkan waktu 4 jam dan jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang enak untuk dimakan. Setelah 2 jam, pada umumnya campuran dodol tersebut akan berubah warnanya menjadi cokelat pekat. Pada saat itu juga campuran dodol tersebut akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

Untuk selanjutnya, dodol harus diaduk agar gelembung-gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat. Yang terakhir, dodol tersebut harus didinginkan dalam periuk yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan rasa yang sedap, dodol harus berwarna coklat tua, berkilat dan pekat. Setelah didinginkan, dodol tersebut bisa dipotong-potong dan dimakan. Dodol untuk dijual, dipotong-potong atau dibentuk dalam ukuran kecil sebelum dibungkus dengan kertas minyak atau plastik. Biasanya dodol dihidangkan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dodol Kamus Besar Bahasa Indonesia[1]
  2. ^ Shadily, Hassan (2012). Ensiklopedi Umum. Yogyakarta: Kanisius. hlm. 283. ISBN 9794135224. 
  3. ^ News, Portal Indonesia. "Ini Kuliner Khas Indonesia Yang Eksis Sejak Abad ke-10 | Berita | Portal Indonesia News". portalindonesianews. Diakses tanggal 2023-02-24. 
  4. ^ Mencicipi Makanan Raja-raja Mataram Kuno[2]
  5. ^ 5 Makanan Khas yang Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram Kuno[3]
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Suprapti
  7. ^ dodol (dOdOl) : I. naam van een soort van Mangga. II. zie adol. Sumber: Javaansch-Nederduitsch Woordenboek, Gericke en Roorda, 1847, #16.
  8. ^ dodol : (nom d'une espèce de mangues). Sumber: Dictionnaire Javanais-Français, L'Abbé P. Favre, 1870, #917.
  9. ^ dodol : KN. een dikke gelei van kětan en suiker JZ. II (volg. Wk. een koek of zoete lekkernij, en nm. v. manggasoorten, als ° madu, ° sari, ° carang, ° sadayu, JZ. I, 277). — dêmodol, daarop gelijken (Tj. v, 28); en zie bij dol. Sumber: Javaansch-Nederlandsch Handwoordenboek, Gericke en Roorda, 1901, #918.
  10. ^ dodol [Ind] : jênang dodol. Sumber: Bausastra Indonesia-Jawi, Purwadarminta, c. 1939, #1979.
  11. ^ dodol : ng, sade kr 1 to sell. 2 ng kr a confection made of glutinous rice. [x]-an 1 act or way of selling. Toko gêdhe kae [x]-ane pêpak. That big store sells everything. 2 to sell as a livelihood; to trade, sell merchandise. [x] bokong to accept pay for occupying smn's seat in order to hold it. See also ADOL, DOL. Sumber: Javanese-English Dictionary, Horne, 1974, #1968.[4]
  12. ^ Amelia (1992). "Aneka penganan pada masa Jawa Kuna". Pertemuan Ilmiah Arkeologi VI: 209–221. 
  13. ^ Amelia (1992). "Aneka penganan pada masa Jawa Kuna". Pertemuan Ilmiah Arkeologi VI: 209–221. 
  14. ^ 5 Makanan Khas yang Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram Kuno[5]
  15. ^ Pembacaan Prasasti Gemekan (Bagian Sisi Kanan dan Sisi Kiri), Mojokerto, diakses tanggal 2022-10-18 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]