DivX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


DivX® adalah sebuah merek produk codec video yang diciptakan oleh (sebelumnya DivXNetworks, Inc.), yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video menjadi ukuran kecil dengan kualitas relatif baik. Karena sering digunakan untuk membuat salinan dari yang berhak cipta DivX menjadi kontroversial. Saat ini banyak DVD player di pasaran yang dapat memainkan film DivX.

Format video kompresi berbasis ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan dapat mencapai kurang dari seperdelapan ukuran dengan kualitas yang tetap terjaga. Format ini sering disebut "video MP3".

Format DivX[sunting | sunting sumber]

Biasanya berkas DivX memiliki ekstensi ".AVI". Ekstensi DivX dapat berbeda, agar perangkat lunak player yang digunakan dapat memutar berkas dengan format ini harus ditambahkan adds-on atau DicX Codec atau player khusus yang dapat diperoleh dari situs www.divx.com.

Player[sunting | sunting sumber]

DivX Converter dapat membantu untuk dapat mengubah video digital menjadi DivX media berkas (file). DivX Web Player berfungsi untuk dapat mengunduh dan memainkan DivX video secara langsung dari internet. DivX Player digunakan untuk memutar berkas DivX. Fitur yang ada di DivX Player seperti Audio Enhancer yang mampu membuat efek pada yang dihasilkan. Fitur lain yang dapat digunakan yaitu adanya fasilitas burning CD/DVD, jadi setelah melakukan converting, maka dapat langsung mem-burning file ke dalam CD/DVD.

Satu lagi yang bisa digunakan untuk menampilkan video dan film yaitu DivX Player. Jika seseorang sering menggunakan DivX Player versi desktop, maka yang dibahas ini adalah versi mobile. DivX termasuk pemutar video dan yang bisa menampilkan tayangan dengan kualitas yang baik. Perlu diketahui, DivX merupakan format video yang popular saat ini, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya.

Dengan menggunakan DivX, dapat menonton tayangan film yang memiliki format atau dengan layar yang penuh pada. Seperti pemutar video lainnya, DivX ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk play, pause, stop, fast forward, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini akan melakukan scanning secara otomatis pada memory card jika terdapat film di dalamnya.

Aplikasi DivX versi Mobile bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 5.0 (smart phone dan pocet PC) dan 6 (standar, klasik, dan profesional). Sedangkan untuk Symbia

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • DivX.com off DivX website
  • Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.

Referensi[sunting | sunting sumber]