Dewan Ortografi Bahasa Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewan Ortografi Bahasa Jerman (Jerman: Rat für deutsche Rechtschreibung; pelafalan dalam bahasa Jerman: [ˈʁaːt fyːɐ̯ ˈdɔʏtʃə ˈʁɛçtˌʃʁaɪbʊŋ]; disingkat sebagai RdR)[1] adalah badan internasional resmi yang mengatur ortografi bahasa Jerman.

Dewan ini bermarkas di Mannheim, Jerman, yang didirikan pada tahun 2004 sebagai penerus Zwischenstaatliche Kommission für deutsche Rechtschreibung ("Komisi Antar Pemerintah untuk Ortografi Bahasa Jerman") untuk memasukkan pendukung dan penentang reformasi ortografi Jerman tahun 1996 (dan reformasi selanjutnya).[1][2]

Saat ini RdR terdiri dari 41 anggota dari negara bagian dan wilayah penutur bahasa Jerman, yaitu:[3]

Meskipun memiliki bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa resminya, Luksemburg, yang tidak terlibat dalam merancang reformasi tahun 1996, bukanlah anggota penuh dewan tersebut.[4] Menurut surat kabar terbesar keharyapatihan, yaitu Luxemburger Wort, Luksemburg tidak menganggap sebagai "negara penutur bahasa Jerman" (satu-satunya bahasa nasional adalah bahasa Luksemburg) dan dengan demikian tidak memiliki hak untuk mengambil bagian dalam dewan.[5] Meskipun demikian, Luksemburg mengambil bagian dalam pertemuan tahunan negara-negara berbahasa Jerman.[6] Namun, Luksemburg berpartisipasi dalam La Francophonie dan menjadi anggota penuh Académie française, meskipun bahasa Prancis hanyalah bahasa resmi non-nasional bersama, seperti bahasa German.[7]

Ketua Gesellschaft für deutsche Sprache (GfdS) adalah anggota dewan. Pada tahun 2003, RdR, GfdS, Goethe-Institut dan the Institut Bahasa Jerman, Dewan Bahasa Jerman (Deutscher Sprachrat), yang kemudian juga bergabung dengan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dittrich, Monika (July 2016). "German Spelling Reform - Nearly a Culture War". Goethe-Institut. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-01. Diakses tanggal 4 February 2018. 
  2. ^ Official statute of the Council for German Orthography
  3. ^ "Die Mitglieder" (dalam bahasa Jerman). Council for German Orthography. Diakses tanggal 4 February 2018. 
  4. ^ Scheer, Fabienne (2017). Deutsch in Luxemburg: Positionen, Funktionen und Bewertungen der deutschen Sprache. Tuebingen, Germany: Narr Francke Attempto. hlm. 416. ISBN 9783823380979. 
  5. ^ Luxemburger Wort, 9 August 2004
  6. ^ https://brf.be/regional/1117620/ BTF.be - 14. Treffen deutschsprachiger Länder in Luxemburg (27.9.2017)
  7. ^ Carte interactive des Etats et gouvernements membres, Organisation internationale de la Francophonie

Pranala luar[sunting | sunting sumber]