Daniel Elena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elena merayakan kemenangan di 2005 Siprus Rally .

Daniel Elena (lahir 26 Oktober 1972) di Monegasque reli co-driver, saat ini bekerja dengan Sébastien Loeb. Pasangan mereka telah memenangkan World Rally Championship delapan kali, dan saat ini bersaing dengan Citroën DS3 WRC. Memenangkan reli enam puluh tujuh Dunia (semua dari mereka dengan Loeb) membuatnya co-driver dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah WRC.

Dia mulai demo pada tahun 1997 sebagai co-driver untuk Hervé Bernard, tetapi menjadi co-driver Loeb musim berikutnya dan cepat beradaptasi yang kuat dengan dia, dia memenangkan Citroën Saxo Trophy pada tahun 1999 dan "French gravel" tahun berikutnya.

Pada tahun 2001, mereka memenangkan FIA super 1600 kejuaraan mereka Citroen Saxo, menjadi pilihan yang jelas untuk tim WRC Citroen, yang mereka membuat mulai pertama mereka tahun itu, akan aktif untuk mengambil kemenangan pertama mereka di Rallye Deutschland pada tahun 2002. Mereka pergi untuk mengambil delapan gelar Kejuaraan Reli Dunia berturut-turut antara 2004 dan 2011.

Loeb dan Elena telah memenangkan reli rumah Elena, yang terkenal reli Monte Carlo lima kali (2003-2005 dan 2007-2008).

Elena orang pertama yang menerima Michael park piala, yang diberikan tahunan untuk yang terbaik co-driver.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Elena menikah dan dikaruniai 2 orang anak, dia dan keluarganya tinggal di Lausanne, Switzerland.[1]

Komitmen[sunting | sunting sumber]

Daniel Elena hari ini anggota 'Champions untuk Perdamaian' klub, sekelompok 54 atlet elit yang terkenal berkomitmen untuk melayani perdamaian di dunia melalui olahraga, yang diciptakan oleh Perdamaian dan Olahraga, sebuah organisasi internasional berbasis di Monako.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]