Daihatsu Luxio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio 1.5 D 2013 (S402RG; pra-facelift, Indonesia)
Informasi
ProdusenPT. Astra Daihatsu Motor
Masa produksi2009-sekarang
PerakitanSunter, Jakarta Utara
Bodi & rangka
KelasMinibus
Bentuk kerangkaVan
Tata letakMesin tengah, penggerak roda belakang
Penyalur daya
Mesin1.5L 3SZ-VE DOHC VVT-i bensin
Transmisimanual 5 percepatan
otomatis 4 percepatan
Dimensi
Jarak sumbu roda2.650 mm
Panjang4.165 mm
Lebar1.665 mm
Tinggi1.915 mm
Berat kosong1.850 kg
Kronologi
PendahuluDaihatsu Zebra Espass
Daihatsu Luxio 1.5 D 2015 (S402RG; facelift, Indonesia)

Daihatsu Luxio adalah mobil minibus yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Jepang, Daihatsu di Indonesia melalui PT. Astra Daihatsu Motor. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 26 Februari 2009 dengan penyegaraan (facelift) pada tanggal 19 Februari 2014. Mobil ini merupakan versi mewah dari Daihatsu Gran Max minibus, dan ditujukan sebagai kendaraan penumpang, dibandingkan Gran Max yang lebih ditujukan sebagai kendaraan komersial.

Mesin[sunting | sunting sumber]

Daihatsu Luxio dipasarkan di Indonesia dengan satu pilihan mesin bensin, yaitu 3SZ-VE 1500cc DOHC VVT-i 4 silinder segaris. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum 95 hp/6000 rpm dan torsi maksimum 13,7 Kg.m/4400 rpm. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan di Daihatsu Gran Max ketimbang yang ada pada Daihatsu Terios dan Daihatsu Xenia 1.5 yang lebih bertenaga.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Luxio tersedia dalam 3 tipe pada awalnya; D, M, X; tetapi diselaraskan kembali menjadi hanya 2, yaitu D dan X. Tipe D adalah tipe paling standar; dengan roda kaleng standar, A/C, radio dan tiga baris kursi.

Pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk jok deret kedua dan ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah alas untuk barang bawaan (cargo tray) dan jaring untuk barang bawaan (cargo net), sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Tipe paling mewah, X, memiliki fitur-fitur seperti spoiler belakang dengan lampu rem, seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala, dashboard dua warna dengan wooden panel pada kluster kiri-kanan dan silver panel pada kluster tengah (sebelum facelift) atau ornamen black piano pada kluster tengah (facelift). Dan, transmisi otomatis dengan tuas berada di dashboard. Tipe ini juga dilengkapi audio Double DIN CD dengan MP3, kaset dan Radio AM/FM (sebelum facelift, sama seperti yang digunakan pada Toyota Avanza generasi pertama tipe 1.5 S dan Daihatsu Terios/Toyota Rush generasi pertama sebelum facelift) atau Kenwood Double DIN DVD+CD dengan MP3 dan Radio AM/FM (facelift).

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, Luxio mencatatkan penjualan sebesar:

  • 2009: 4.582 unit[1]
  • 2010: 5.982 unit[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]