Chungseon dari Goryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja Chungseon dari Goryeo
Raja Goryeo
PendahuluRaja Chungnyeol
PenerusRaja Chungsuk
Informasi pribadi
AyahRaja Chungnyeol
IbuPutri Gyeguk
PasanganNyonya Jo
Nyonya Hong
Nyonya Seo
Putri Botapsillin dari Yuan
Chungseon dari Goryeo
Hangul
충선왕
Hanja
忠宣王/益知禮普花
Alih AksaraChungseon wang
McCune–ReischauerCh'ungsŏn wang
Nama kehormatan
Hangul
중앙
Hanja
璋 or 仲昻
Alih AksaraJung-ang
McCune–ReischauerChungang


Chungseon dari Goryeo (1275–1325, bertakhta 1298 dan 1308–1313) merupakan raja ke-26 Goryeo, Korea. Ia kadang-kadang dikenal dengan nama Mongolianya, Izinrbuga(益知禮普花). Mahir di dalam kaligrafi dan melukis daripada politik, ia biasanya memilih hidup di ibu kota Yuan, Beijing daripada ibu kota Goryeo, Kaesong. Ia merupakan putra sulung Raja Chungnyeol; ibundanya berasal dari keluarga bangsawan Yuan, Putri Gyeguk.

Pada tahun 1277, Chungseon ditunjuk sebagai Putra Mahkota; pada tahun berikutnya ia pergi ke Tiongkok dan menerima nama Mongolianya. Pada tahun 1296, ia menikahi Putri Botapsillin dari Yuan. Namun, raja telah memiliki tiga istri Korea, putri seorang bnagsawan yang berkuasa Jo In-gyu, Hong Mun-gye, dan Seo Won-hu.

Ibunda Chungseon meninggal pada tahun 1297, dan diikuti oleh pembersihan kekerasan oleh aligasi bahwa ia telah dibunuh. Mungkin sedih karena kejadian tersebut, Raja Chungnyeol membuat petisi kepada Yuan untuk mengabdikasikan takhtanya, dan kemudian digantikan oleh Chungseon pada tahun 1298. Namun, menghadapi komplotan kuat di antara faksi ratu Mongolianya dan ratu Koreanya, Chungseon mengembalikan takhta kepada ayahandanya tak lama setelah itu.

Setelah ayahandanya meninggal pada tahun 1308, Chungseon harus kembali ke atas tahkta dan bekerja keras untuk reformasi politik di istana, tetapi menghabiskan waktunya sebanyak mungkin di Tiongkok. Ia mengundurkan diri dari tahkta pada tahun 1313, dan digantikan oleh Chungsuk dari Goryeo. Chungseon segera dikirim ke pengasingan di Tibet (kemudian Qinghai) setelah kematian Kaisar Renzong, Yuan (元仁宗), tetapi diijinkan kembali ke Beijing tak lama setelah itu, di mana ia meninggal pada tahun 1325.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Chungseon dari Goryeo
Lahir: 20 Oktober 1275 Meninggal: 23 Juni 1325
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Chungnyeol
Raja Goryeo
1298
Diteruskan oleh:
Chungnyeol
Raja Goryeo
1308–1313
Diteruskan oleh:
Chungsuk
Keluarga Aisin Gioro
Ciptaan baru Pangeran Shenyang
skt. 1308 – 1310
Diteruskan oleh:
Dirinya sendiri
Didahului oleh:
Dirinya sendiri
Pangeran Shen
1310–1316
Diteruskan oleh:
Wang Go

Referensi[sunting | sunting sumber]