Christophe Barratier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Christophe Barratier (kelahiran 17 Juni 1963) adalah seorang produser, sutradara, penulis latar, dan penulis latar Prancis.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Barratier adalah putra dari aktris Eva Simonet dan M. Barratier. Ia adalah keponakan dari sutradara Jacques Perrin, yang mempengaruhi pilihan kariernya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Barratier telah menyutradarai tiga film fitur yang sukses. Film pertamanya adalah The Chorus (2004). Sebagai pembuat lirik pada lagu film "Look To Your Path", ia dinominasikan pada Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik. Film tersebut dinominasikan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik serta delapan Penghargaan César, yang dua penghargaan diantaranya dimenangkan.

Film fitur keduanya Paris 36, yang dibintangi oleh Gérard Jugnot dan Nora Arnezeder, dinominasikan pada Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik dan empat Penghargaan César.

Film terakhirnya, La nouvelle guerre des boutons (2011) adalah sebuah adaptasi dari La Guerre des boutons (War of the Buttons), yang berdasarkan pada novel 1912 karya Louis Pergaud. Film tersebut berlatar belakang pada masa Perang Dunia II dan pendudukan Jerman di Prancis. Film tersebut diproduksi dan ditulis oleh Thomas Langmann (seorang pemenang Academy Award untuk The Artist), dengan partisipasi keuangan dari Canal Plus. Film tersebut dirilis di Prancis pada September 2011 dan menghabiskan biaya sejumlah €16 juta.[1] Film tersebut didistribusikan di Amerika Serikat dengan judul The War of the Buttons.

La guerre des boutons (2011), adaptasi film lainnya dari novel Pergaud, yang berlatar belakang pada tahun 1960an dengan pecahnya Perang Algeria. Film tersebut dirilis di Prancis pada minggu yang sama. Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh Yann Samuell dan diproduksi oleh Marc du Pontavice.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Tobias Grey, "Waging War(s) of the Buttons in France", Wall Street Journal, 15 September 2011, diakses pada 2 November 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]