Buddhisme Shingon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gambar tengah dari Mandala dari Garbhadatu, yang menampilkan Lima Buddha Dhyani dan bodhisatwa yang hadir.

Buddhisme Shingon (真言宗, Shingon-shū) adalah salah satu aliran utama agama Buddha di Jepang dan salah satu dari beberapa cabang Wajrayana yang masih ada di Asia Timur, yang awalnya menyebar dari India ke China melalui para biksu yang berkunjung seperti Wajrabodhi dan Amoghavajra. Dikenal dalam bahasa Tionghoa sebagai Tangmi, pengajaran Esoterik tersebut kemudian menyebar di Jepang melalui pengajaran seorang biksu Buddha yang bernama Kūkai (空海), yang berkunjung ke Tang China untuk meminta perpindahan pengajaran esoterik tersebut. Karena alasan tersebut, aliran tersebut sering disebut Buddhisme Esoterik Jepang, atau Buddhisme Esoterik Ortodoks.

Kata "Shingon" adalah pembacaan Jepang dari Hanzi: 真言 Zhēnyán "Kata-Kata yang Benar",[1] yang merupakan terjemahan Tionghoa dari kata Sanskerta "mantra" (मन्त्र).[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Zhēnyán". 
  2. ^ Kiyota, Minoru (1987). "Shingon Mikkyō's Twofold Maṇḍala: Paradoxes and Integration". Journal of the International Association of Buddhist Studies. 10 (1): 91–92. Archived from the original on 2014-01-25. Diakses tanggal 2015-07-28. 

Sastra[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]