Brooklyn (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brooklyn
Poster film Brooklyn
SutradaraJohn Crowley
ProduserFinola Dwyer
Amanda Posey
Ditulis olehNick Hornby
Berdasarkan
Brooklyn
oleh Colm Tóibín
PemeranSaoirse Ronan
Emory Cohen
Domhnall Gleeson
Jim Broadbent
Julie Walters
Penata musikMichael Brook
SinematograferYves Bélanger
PenyuntingJake Roberts
Perusahaan
produksi
British Film Institute
Item 7
Hanway Films
BBC Films
Wildgaze Films
DistributorSearchlight Pictures
TSG Entertainment
Tanggal rilis
  • 26 Januari 2015 (2015-01-26) (Festival Film Sundance)
  • 4 November 2015 (2015-11-04) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 27 November 2015 (2015-11-27) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi112 menit[1]
NegaraIrlandia
Britania Raya
Kanada
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$11 juta[2]
Pendapatan
kotor
$62.076.141[3]

Brooklyn adalah film drama romantis independen Irlandia-Britania Raya-Kanada tahun 2015 yang disutradarai John Crowley dan diproduseri oleh Finola Dwyer dan Amanda Posey. Naskah film ini ditulis oleh Nick Hornby berdasarkan novel Brooklyn karya Colm Tóibín. Film ini dibintangi Saoirse Ronan, Emory Cohen, Domhnall Gleeson, Jim Broadbent dan Julie Walters.

Film Brooklyn merupakan film kolaborasi kedua Saoirse Ronan dan Julie Walters setelah film Justin and the Knights of Valour. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 26 Januari 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2015 secara terbatas dan 27 November 2015 secara luas.[4][5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1951, Eilis Lacey (Saoirse Ronan) merupakan seorang gadis yang berasal dari Enniscorthy, County Wexford, sebuah kota kecil di bagian tenggara Irlandia, tempat ia tinggal bersama ibunya (Jane Brennan) dan kakaknya, Rose (Fiona Glascott). Eilis tidak mendapatkan pekerjaan selain bekerja selama akhir pekan di toko yang dikelola oleh Miss Kelly (Bríd Brennan) yang dengki, yang dijuluki "Kelly yang menjengkelkan", dan tidak tertarik pada pemuda lokal. Kakaknya menulis surat kepada Pastur Flood (Jim Broadbent), seorang pendeta Irlandia di Brooklyn, yang mengatur agar Eilis pergi ke Amerika Serikat untuk menemukan masa depan yang lebih baik. Eilis pergi, tetapi ia menderita mabuk laut dalam pelayaran dan akhirnya dikunci di toilet oleh tetangga kabinnya. Seorang wanita di ranjang susun di bawah ranjang Eilis dan seorang penjelajah berpengalaman membantu Eilis dengan memberikan saran dan dukungan untuknya.

Eilis tinggal di sebuah kos di Brooklyn di mana ia makan malam setiap malam dengan ibu kos, Madge Kehoe (Julie Walters), dan semua penghuninya yang merupakan wanita muda. Eilis mendapatkan pekerjaan di sebuah toserba, tetapi ia pemalu dan pendiam saat berinteraksi dengan pelanggan, mendapat beberapa kritik dari Miss Fortini (Jessica Paré), atasannya. Surat-surat dari kakaknya membuatnya rindu akan kampung halamannya. Ia dikunjungi oleh Pastur Flood. Pastur Flood mencoba membantu Eilis dengan mendaftarkannya ke kelas pembukuan. Di acara dansa, ia bertemu dengan Tony Fiorello (Emory Cohen), yang menjadi kekasihnya. Ia mulai merasa lebih nyaman di kota New York dan Eilis dan Tony menjalin hubungan romantis.

Pastur Flood memberitahu Eilis bahwa Rose telah meninggal mendadak karena penyakit yang tidak diungkapkan. Setelah trans-Atlantik menelepon dan memberitahu Eilis bahwa ibunya sedang berusaha untuk mengatasinya, Eilis kembali ke kampung halamannya. Tony menegaskan bahwa mereka harus menikah terlebih dahulu tanpa memberitahu keluarga atau teman. Di Irlandia, semua orang tampaknya bersekongkol untuk mencegah Eilis pergi ke Brooklyn. Sahabatnya menikah seminggu setelah perjalanan pulang Eilis yang dijadwalkan dan ibunya telah menerima undangan untuknya. Ia bekerja paruh waktu dalam pembukuan menggantikan kakaknya, yang mengarah pada kemungkinan bekerja sebagai karyawan tetap. Ia berkencan dengan Jim Farrell (Domhnall Gleeson), seorang sarjana yang mapan. Eilis mulai merasa bahwa ia sekarang memiliki masa depan di Irlandia yang tidak ada sebelumnya saat ia pergi dan berhenti membuka surat yang ia terima dari Tony.

Nona Kelly, mantan majikannya, bertemu dengan Eilis dan menceritakan bahwa ia mengetahui tentang pernikahan Eilis di kota New York. Eilis teringat akan seperti apa kehidupan di sebuah kota kecil. Ia memberitahu ibunya tentang pernikahannya dan bahwa ia akan berangkat ke Brooklyn pada hari berikutnya. Di persimpangan, ia membimbing seorang wanita muda yang melakukan perjalanan pertamanya ke Brooklyn. Film berakhir dengan Eilis dan Tony bertemu kembali dan berpelukan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Saoirse Ronan sebagai Eilis Lacey
  • Emory Cohen sebagai Anthony "Tony" Fiorello
  • Domhnall Gleeson sebagai Jim Farrell
  • Jim Broadbent sebagai Pastur Flood
  • Julie Walters sebagai Madge Kehoe
  • Jessica Paré sebagai Miss Fortini
  • Eve Macklin sebagai Diana
  • Bríd Brennan sebagai Miss Kelly
  • Fiona Glascott sebagai Rose Lacey
  • Jane Brennan sebagai Mary Lacey
  • Nora-Jane Noone sebagai Sheila
  • Jenn Murray sebagai Dolores
  • Eva Birthistle sebagai Georgina
  • Michael Zegen sebagai Maurizio
  • Emily Bett Rickards sebagai Patty McGuire

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Brooklyn mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 97%, berdasarkan 256 ulasan, dengan rating rata-rata 8,4/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 87 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Brooklyn mendapatkan $38.322.743 di Amerika Utara dan $23.753.398 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $62.076.141, melebihi anggaran produksi film $11 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $187.281, menempati posisi ke-30 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.946.667, menempati posisi ke-9 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BROOKLYN (12A)". British Board of Film Classification. 24 August 2015. Diakses tanggal 24 August 2015. 
  2. ^ "Review: 'Brooklyn,' Starring Saoirse Ronan, Is A Masterpiece". Forbes.com. Diakses tanggal 2015-12-01. 
  3. ^ a b c "Brooklyn (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 17, 2016. 
  4. ^ Kit, Borys (27 January 2015). "Sundance: Fox Searchlight Nabs 'Brooklyn'". Prometheus Global Media. Diakses tanggal 27 January 2015. 
  5. ^ "US date set for Saoirse Ronan-starring Brooklyn". Rte.ie. Diakses tanggal 2015-12-01. 
  6. ^ "Brooklyn (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  7. ^ "Brooklyn reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 1, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]