Boeing Model 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Boeing Model 1, dikenal juga dengan B&W Seaplane, adalah pesawat amfibi biplane bermesin tunggal asal Amerika Serikat. Pesawat ini adalah pesawat pertama Boeing dan membawa inisial desainernya, William Boeing dan Letnan Conrad Westervelt USN.

B&W selesai dibuat pada Juni 1916 di hanggar Boeing boathouse, Danau Union, Seattle, Washington. Pesawat ini terbuat dari kayu dengan kawat bracing dan penutup linen. Pesawat ini mirip dengan pesawat pelatih Martin yang dimiliki Boeing, tetapi B&W memiliki pengapung yang lebih baik dan mesin yang lebih kuat. B & W pertama dinamakan Bluebill dan yang kedua dinamakan Mallard. Mereka terbang pertama kali pada tanggal 15 Juni 1916 dan November.

Dua B&W ditawarkan ke Angkatan Laut Amerika Serikat, tetapi mereka tidak membelinya. pesawat tersebut kemudian dijual ke sekolah penerbangan di New Zealand dan menjadi penjualan internasional perusahaan pertama. Pada 25 Juni 1919, B&W memecakan rekor ketinggian New Zealand yakni 1.981m. B&W kemudian digunakan untuk layanan surat express dan udara. Penerbangan surat udara pertama New Zealand terjadi pada 16 Desember 1919.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bowers, Peter M. Boeing aircraft since 1916. London: Putnam Aeronautical Books, 1989. ISBN 0-85177-804-6.