Bendera kapal angkatan laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal Rusia dengan jack di depan dan bendera kapal angaktan laut di belakangnya

Bendera kapal angkatan laut adalah bendera kapal yang digunakan oleh kapal-kapal angkatan laut dari berbagai negara untuk menunjukkan kebangsaan mereka.[1] Bendera kapal ini bisa sama ataupun berbeda dari bendera kapal sipil atau bendera kapal negaranya sendiri.

Bendera kapal ini juga dapat dikenal sebagai bendera kapal perang. Versi besar dari bendera kapal angkatan laut yang dikibarkan pada tiang kapal perang sebelum masuk ke dalam pertempuran disebut bendera kapal pertempuran. Bendera kapal berbeda dengan jack, yang dikibarkan di tiang jack di haluan kapal.

Sebagian besar negara hanya memiliki satu bendera nasional dan bendera kapal bagi segala keperluan. Di negara-negara lain, pembedaan dibuat antara bendera tanah dan sipil; bendera kapal negara dan angkatan laut. Misalnya bendera kapal Britania Raya yang rumit berbeda dari bendera yang digunakan di darat, Union Jack, dan memiliki versi yang berbeda, yaitu bendera kapal merah dan biru untuk penggunaan sipil dan negara selain bendera kapal angkatan laut (bendera kapal putih). Beberapa bendera kapal angkatan laut berbeda dati sisi bentuk dari bendera nasional seperti bendera-bendera kapal angkatan laut negara-negara Nordik yang memiliki 'lidah'.

Negara-negara yang memiliki bendera kapal angkatan laut khusus[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah negara-negara uang memiliki bendera kapal angkatan laut yang berbeda dengan bendera kapal sipil dan bendera nasional.

  1. ^ "Dictionary of Vexillology: E (Ensign - Envecked)". www.crwflags.com. Diakses tanggal 2018-05-17. 

Bendera kapal angkatan laut lama[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]