Barisone II dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Empat Giudicati.

Barison II atau Barisone II adalah seorang Giudice Arborea (pemimpin) di Arborea, sebuah kerajaan di Sardinia, dari tahun 1146 sampai 1186. Ia adalah putra Comita II[1] dan Elena de Orrubu.[2] Pemerintahannya inovatif di dalam sejarah Sardinia. Terjadi kelahiran dari pengaruh prinsipal Katalan, eskalasi konflik dari Genoa-Pisa, dan penobatan kekaisaran pertama atas seluruh pulau ketika Barisone secara singkat diakui sebagai Raja Sardinia oleh Kaisar Romawi Suci dari tahun 1164 sampai 1165.

Barisone dilahirkan pada awal abad ke-12. Ia mungkin berasosiasi dengan giudicato dengan ayahnya dari tanggal yang tidak diketahui. Ia mewarisi tahta ayahnya. Pada masa mudanya, ia berhubungan baik dengan Pisa dan damai dengan gereja. Ia menghadiri sebuah acara sakral Santa Maria di Bonarcado dengan klerus Arborea dan Villano, Uskup Agung Pisa, tuannya. Ia menyumbangkan tanah miliknya kepada gereja.

Pemerintahannya menjadi menarik ketika pada tahun 1157, ia meninggalkan istri pertamanya, Pellegrina de Lacon, dari sebuah keluarga nobel, dan menikah dengan Agalbursa de Cervera, putri Ponce dan Almodis, kakak dari Ramon Berenguer IV, Pangeran Barcelona. Dengan pernikahan keduanya ini, ia bersekutu dengan Bangsawan dari Barcelona, yang menghadirkan pengaruh pertama Katalan di Sardinia. Korespondensinya dengan Bangsawan menandakan mutual alami dari persekutuan. Barisone berperang melawan Balearik Murabitun atas nama Barcelona dan Ramon Berenguer mendukung upayanya untuk menyatukan berbagai giudicati dibawah pimpinannya.

Pada awal tahun 1165, Barisone berada di Genoa dengan Konsul Pizzamiglio. Ia tidak diijinkan kembali ke Arborea karena tidak dapat menaikkan jumlah yang dibutuhkan. Pada tanggal 12 April, Kaisar mengumumkan penghibahannya pada Barisone dan memproklamirkan keuskupan agung dari Bangsawan Pisa di seluruh pulau. Pada tahun 1168, Barisone kembali ke Arborea dengan diplomat Genoa Nuvolone Alberici. Perang yang berlangsung berakhir pada tahun itu dan Barisone mencoba untuk menaikkan pembayaran yang diperlukan untuk Genoa. Istrinya dan Ponc de Bas, kakak iparnya, dikirim balik ke Genoa sebagai tawanan sampai pada tahun 1171, pembayaran dilunasi oleh Barisone dan keluarganya dibebaskan.

Pada tahun 1170, akhirnya ia memberikan restu untuk menikahkan putrinya Ispella dengan Hug, saudara sulung istri barunya Agalbursa.

Pada tahun 1180, Barisone berperang dengan Cagliari. Pada awalnya ia sukses, namun akhirnya ia tertangkap dan dipaksa untuk mematuhi beberapa peraturan. Pada tahun 1182, ia menyumbang di gereja San Nicolas di Gurgo kepada biara Montecassino. Ia mendirikan sebuah rumah sakit dan biara di Oristano. Ia bergelut dengan perkembangan kultur dan religi pada masa tuanya. Ia meninggal pada tahun 1186 dan mewariskan tahta kepada putra sulungnya Peter I yang lahir dari istri pertamanya; putra keduanya, juga dari istri pertama, Barisone, wafat pada tahun 1189. Dari pernikahan kedua, Barisone memiliki seorang putri, Susanna.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dizionario. Sometimes "Comita III".
  2. ^ Also spelled Orruvu.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ghisalbert, Alberto M. (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: VI Baratteri – Bartolozzi. Rome, 1964.
  • Scano, D. "Serie cronol. dei giudici sardi." Arch. stor. sardo. 1939.
  • Besta, E. and Somi, A. I condaghi di San Nicolas di Trullas e di Santa Maria di Bonarcado. Milan, 1937.
Didahului oleh:
Comita II
Giudice Arborea
1146–1186
Diteruskan oleh:
Peter I