Bandar Udara Internasional Edmonton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Internasional Edmonton

Edmonton International Airport
Area check-in Terminal Selatan
Informasi
JenisPublik
PemilikTransport Canada[1]
PengelolaEdmonton Airports
MelayaniWilayah Ibu Kota Edmonton, Alberta
LokasiLeduc County, dekat Leduc, Alberta
Ketinggian dpl723 mdpl
Situs webwww.flyeia.com
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
kaki m
02/20 10,995 3,351 Aspal
12/30 10,200 3,109 Aspal
Statistik (2010)
Pergerakan pesawat130,596
Jumlah penumpang6,089,099
Sumber: Canada Flight Supplement[2]
Environment Canada[3]
Pergerakan dari Statistics Canada[4]
Penumpang dari Edmonton Airports.[5]

|} Bandar Udara Internasional Edmonton (IATA: YEGICAO: CYEG) adalah bandar udara tersibuk ke-5 di Kanada berdasarkan lalu lintas penumpang, dan tersibuk ke-13 berdasarkan pergerakan pesawat. Sekitar 35 km (22 mil) selatan dari distrik pusat bisnis Edmonton, bandara ini adalah fasilitas kargo dan penumpang udara utama di Edmonton, Alberta dan fasilitas hub terbesar bagi Alberta Utara dan Kanada Utara. Bandara ini telah melayani 4.5 juta penumpang tahun 2005 dan dioperasikan oleh Edmonton Airports Authority. Aslinya, bandara ini dibangun pada tahun 1960, bandara ini telah memakan biaya renovasi dan program ekspansi sebesar 350 juta dollar Kanada dari tahun 1996-2004. yang mana memasukkan konstruksi terminal selatan yang baru, sebuah fasilitas parkir multi-level, lorong pusat yang menghubungkan terminal utara dan terminal selatan, fasilitas commuter dan 2 apron. Kedua terminal akan berbentuk sebuah chevron (">"), yang mana sangat khas bagi bandara lainnya di dunia.

Bandara Internasional Edmonton terletak dekat dengan kota Devon, Alberta dan kota Beaumont, Alberta, dan juga kota Leduc, Alberta. Bandara ini juga terletak dekat kota Nisku, Alberta, sebuah kota industri besar yang terletak di utara Leduc. Leduc dan Nisku berisi beberapa hotel, restoran, tempat parkir terjaga (untuk orang yang tidak mau membayar parkir bandara), dan transportasi antara hotel-terminal.

Ekspansi Masa Depan[sunting | sunting sumber]

Konstruksi dari Courtyard Marriott Hotel yang memiliki 184 kamar diduga akan dimulai pada musim panas 2007. Hotel ini akan terletak di terminal utara dan akan terhubung dengan terminal oleh walkway. Rencana masa depan termasuk ekspansi fasilitas parkir, ekspansi area ruang Amerika Serikat, dan renovasi sebagian dan ekspansi terminal (utara) asli. Bandara Internasional Edmonton adalah 1 dari 8 bandara di Kanada yang memiliki fasilitas izin melewati perbatasan Amerika Serikat, di mana penumpang melewati fasilitas bea cukai Amerika Serikat sebelum menaiki pesawat menuju bandara apapun di Amerika Serikat. Jalan ini, penerbangan dianggap sebagai penerbangan domestik Amerika saat kedatangan di tujuan yang diinginkan.

Rencana masa depan juga termasuk konstruksi terminal baru menuju ke selatan dari terminal selatan yang sudah ada dengan 14-20 gerbang baru, sebagaimana concourse baru menuju ke arah barat dari terminal utara. Seiring pertumbuhan penduduk Edmonton yang cepat, bandara ini mengantisipasi bahwa konstruksi pertama dari rencana akan dimulai dalam beberapa tahun ini. Bandara ini dibangun untuk kenyamanan mengakomodasi 5.5 juta penumpang per tahun, dan bertambah menjadi 7 juta penumpang apabila memungkinkan. Figur dari 5.5 juta penumpang sebenarnya diperkirakan untuk tahun 2015 seperti konstruksi terminal selatan dilakukan pada tahun 1998-2000. Bagaimanapun, figur ini sekarang kira-kira akan tercapai sebelum tahun 2008.

Maskapai Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Terminal Utara[sunting | sunting sumber]

  • Air Transat (Cancun, Frankfurt, London Gatwick [rute ini dimulai bulan Mei 2007], Puerto Plata, Puerto Vallarta, Punta Cana, Varadero)
  • Central Mountain Air (Calgary, Fort St. John, Fort Nelson, High Level, Lloydminster, Peace River, Rainbow Lake)
  • Martinair (Amsterdam [musiman, Mei-September])
  • MyTravel Airways (London-Gatwick)
  • Peace Air (Calgary, Fort St. John, Fort Nelson, Grande Prairie, High Level, Peace River, dan Red Deer)
  • Skyservice (Acapulco, Bahias de Huatulco, Cancun, Manzanillo, Mazatlan, Montego Bay, Puerto Plata, Puerto Vallarta, Punta Cana, Varadero)
  • WestJet (Abbotsford, Calgary, Comox [rute ini dimulai tanggal 4 Desember 2006], Fort McMurray, Grande Prairie, Halifax, Hamilton, Kelowna, Las Vegas, Palm Springs, Phoenix, Regina, Saskatoon, Toronto-Pearson, Vancouver, Victoria, Winnipeg)
  • Zoom Airlines (London-Gatwick) [musiman, Mei-September]

Terminal Selatan[sunting | sunting sumber]

Maskapai Penerbangan Charter[sunting | sunting sumber]

Maskapai Penerbangan Kargo[sunting | sunting sumber]

Penerbangan Lainnya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Airport Divestiture Status Report - Transport Canada. Tc.gc.ca (2011-01-12). Diakses pada 2011-04-23.
  2. ^ Lampiran Penerbangan Kanada. Berlaku 0901Z 5 Juli 2007 hingga 0901Z 30 Agustus 2007.
  3. ^ Meteorological data
  4. ^ Total aircraft movements by class of operation — NAV CANADA towers. Statcan.gc.ca. Diakses pada 2011-05-28.
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama 2010pax

Pranala luar[sunting | sunting sumber]