Banaspati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Banaspati (Jawa: ꦧꦤꦱ꧀ꦥꦠꦶ, translit. banaspati, bahasa Sunda: ᮘᮔᮞ᮪ᮕᮒᮤ, Bali: ᬩᬦᬲ᭄ᬧᬢᬶ, translit. banaspati, bahasa Jawa Kuno: banaspati, Sanskerta: वनस्पति, translit. vanaspati) adalah mitos hantu atau roh jahat berwujud seperti api dan berelemen utama api. Sosoknya bisa mengambil bentuk bola api atau pusaran api. Sosok hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke yang tempat lain dengan mengambil rupa layaknya bola api atau pusaran api yang menyala-nyala.beberapa orang penganut kebatinan mempercayai,bahwa banaspati merupakan ilmu santet tingkat tinggi,namun juga dapat membalikan santet yang datang. Dikabarkan, Banaspati akan membakar manusia yang mengusiknya. Mitos ini sering ditemukan di daerah Pulau Jawa dan Kalimantan, Indonesia.

Jenis-Jenis Banaspati[sunting | sunting sumber]

Banaspati dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bagaimana cara mereka mencari mangsa. Jenis-jenisnya antara lain:

  • Banaspati Geni

Banaspati geni adalah banaspati yang bersenyawa dengan udara. Maka, udara adalah sumber kekuatan utamanya. Sumber utama kekuatan banaspati geni adalah rasa takut; semakin besar rasa takut seseorang, semakin kuat pula kekuatannya. Jenis banaspati ini mengambil insan mangsanya melalui udara untuk membuatnya lebih kuat dan membara.

  • Banaspati Tanah Liat

Banaspati ini gemar bersembunyi di hutan. Dikabarkan, jenisnya senang memangsa korbannya dengan cara menghisap darahnya sampai habis. Korban yang diincar adalah orang-orang yang tidak menapakkan tubuhnya dengan tanah. Maka, cara paling aman untuk tidak dimangsa oleh banaspati tanah adalah dengan berdiri di atas tanah tanpa menggunakan alas kaki.

Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Serial HBO Asia terbaru, Halfworlds, menampilkan sosok Banaspati sebagai salah satu demit. Banaspati dimainkan oleh Cornelio Sunny sebagai Bandi, Alex Abbad sebagai Gorga, dan Verdi Solaiman sebagai Hasan.