Bait Kedua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu berukuran 2,43×1 m) dengan penjelasan dalam bahasa Ibrani yang ditemukan oleh Benjamin Mazar di kaki selatan Gunung Bait yang dipercaya sebagai bagian dari Bait Kedua.

Bait Kedua, atau lengkapnya disebut Bait Suci Kedua atau Bait Allah Kedua (Ibrani: בית המקדש berarti 'Rumah Suci') adalah Bait Allah hasil rekonstruksi yang berdiri antara tahun 516 SM sampai 70 M. Selama itu, bait ini merupakan pusat pemujaan Yahudi, yang fokus pada pengorbanan yang disebut korbanot. Bait Salomo, juga diketahui sebagai Bait Pertama, dihancurkan tahun 586 SM ketika Yahudi dibuang ke Babel. Konstruksi bait baru dimulai tahun 535 SM. Pembangunannya selesai pada 12 Maret 515 SM[1] Seperti yang dijelaskan dalam Kitab Ezra, pembangunan kembali bait disusun oleh Koresy yang Agung dan disahkan oleh Darius yang Agung. Romawi menghancurkan Yerusalem dan Bait Kedua pada 4 Agustus 70.

Bait Suci Herodes[sunting | sunting sumber]

Model Bait Suci Kedua, setelah direnovasi oleh raja Herodes, dipajang di Museum Israel
Kompleks Bait Suci Kedua, model di Museum Israel

Raja Herodes Agung melakukan rekonstruksi Bait Suci Kedua, dimulai dengan ekspansi besar-besaran pada Bukit Bait Suci (Temple Mount). Ibadah keagamaan dan ritual pada Bait Suci terus berlangsung selama proses pembangunan.[2] Setelah pemberontakan besar orang Yahudi terhadap pemerintahan Romawi di provinsi Iudaea, Bait Suci ini dihancurkan oleh tentara Romawi di bawah pimpinan jenderal Titus (kelak menjadi Kaisar Romawi) setelah pengepungan Yerusalem pada tahun 70 M.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walton JH, Matthews WH, Chavalas MW. 2000. The IVP Bible background commentary: Old Testament. Downers Grove: InterVarsity Press. ISBN 0-8308-1419-1. Hlm. 467 (lihat di Penelusuran Buku Google)
  2. ^ Secrets of Jerusalem's Temple Mount, Leen Ritmeyer, Kathleen Ritmeyer, 1998

Pranala luar[sunting | sunting sumber]