Alka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Auk)
Alka
Rentang fosil: Eocene - Recent 35–0 jtyl
Pingai-laut betet (Aethia psittacula)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
(tanpa takson):
Famili:
Alcidae

Leach, 1820
Anak suku

Alka adalah burung-burung yang tergolong suku Alcidae dari ordo Charadriiformes. Tampilan alka secara visual mirip dengan penguin terutama warnanya yang hitam dan putih, posturnya yang tegak, dan habitatnya, tetapi sebenarnya burung ini tidak terlalu dekat kekerabatannya dengan penguin.

Tak seperti halnya penguin, burung alka dapat terbang, kecuali jenis alka besar yang punah baru-baru ini. Burung ini juga perenang dan penyelam yang baik, tetapi cara berjalannya canggung. Karena sayapnya pendek, alka perlu lebih cepat mengepakkan sayapnya itu agar dapat terbang. Ukuran tubuhnya bervariasi; jenis yang terkecil sepanjang 15 cm dan seberat 85 g, sedangkan yang terbesar mencapai 45 cm dan 1 kg.

Kecuali beberapa jenis, kebanyakan alka hidup mengembara di laut terbuka dan hanya pulang ke daratan untuk berbiak. Sebagian jenisnya membangun koloni besar untuk bersarang di tebing-tebing pantai; sebagian lagi bersarang dalam kelompok kecil, atau membuat liang berdekat-dekatan. Hanya satu jenisnya yang bersifat penyendiri.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Mandar-laut hitam (Cepphus grylle)