Articok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Articok
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Spesies:
Subspesies:
C. c. var. scolymus
Nama binomial
Cynara cardunculus var. scolymus

Articok bulat (Cynara cardunculus var.scolymus ),juga dikenal dengan nama articok Prancis dan artichok hijau di AS, adalah variasi dari spesies rumput duri dibudidayakan sebagai makanan.

Bagian tanaman yang dapat dimakan terdiri dari kuncup bunga sebelum bunga mekar. Kepala bunga artichok pemula adalah sekelompok banyak bunga kecil yang sedang tumbuh (perbungaan), dilapisi dengan banyak daun pelindung, dengan dasar yang dapat dimakan. Begitu kuncupnya mekar, strukturnya berubah menjadi bentuk yang kasar dan hampir tidak bisa dimakan. Variasi lain dari spesies yang sama adalah cardoon, tumbuhan tahunan yang berasal dari wilayah Mediterania. Baik bentuk liar maupun varietas budidaya (kultivar) ada.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sayuran ini tumbuh setinggi 1,4–2 m (4 kaki 7 inci – 6 kaki 7 inci), dengan daun melengkung, bercuping dalam, keperakan, hijau keabu-abuan 50–83 cm (19+1⁄2–32+1⁄2 inci ) panjang. Bunga berkembang di kepala besar dari kuncup yang dapat dimakan berdiameter sekitar 8–15 cm (3–6 inci) dengan banyak sisik segitiga; kuntum individu berwarna ungu. Bagian kuncup yang dapat dimakan terutama terdiri dari bagian bawah yang berdaging dari bracts involucral dan alasnya, yang dikenal sebagai jantung; massa kuntum yang belum matang di tengah kuncup disebut choke atau jenggot. Ini tidak bisa dimakan pada bunga yang lebih tua dan lebih besar

Kandungan kimia[sunting | sunting sumber]

Articok mengandung agen bioaktif apigenin dan luteolin. Total kapasitas antioksidan kepala bunga artichoke adalah salah satu yang tertinggi dilaporkan untuk sayuran. Cynarine adalah konstituen kimia di Cynara. Sebagian besar cynarine yang ditemukan dalam artichoke terletak di pulp daun, meskipun daun kering dan batang artichoke juga mengandungnya.

Sejarah Awal Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Artichoke adalah varietas yang dijinakkan dari cardoon liar (Cynara cardunculus),[1] yang asli dari wilayah Mediterania.[2] Ada perdebatan apakah artichoke adalah makanan di kalangan bangsa Yunani dan Romawi kuno, atau apakah varietas itu dikembangkan kemudian, dengan sumber-sumber Klasik yang mengacu pada cardoon liar.[3][4] Cardoon disebut sebagai tanaman kebun pada abad kedelapan SM oleh Homer dan Hesiod. Plinius Tua menyebutkan penanaman 'carduus' di Karthago dan Cordoba.[5] Di Afrika Utara, di mana cardoon masih ditemukan dalam bentuk liar, biji artichoke, yang kemungkinan dibudidayakan, ditemukan selama penggalian di Mons Claudianus periode Romawi di Mesir.[6]

Varietas artichoke dibudidayakan di Sisilia mulai dari periode klasik bangsa Yunani kuno; orang Yunani menyebutnya kaktos. Pada periode itu, orang Yunani memakan daun dan kepala bunga, yang budidaya telah diperbaiki dari bentuk liar. Orang Romawi menyebut sayuran ini carduus (dari situlah nama cardoon berasal). Perbaikan lebih lanjut pada bentuk yang dibudidayakan tampaknya terjadi pada periode abad pertengahan di Muslim Spanyol dan Maghreb, meskipun buktinya bersifat inferensial saja.[7] Pada abad kedua belas, artichoke disebutkan dalam panduan komprehensif tentang pertanian yang ditulis oleh Ibn al-'Awwam di Sevilla (meskipun tidak muncul dalam karya-karya Arab Andalusia yang lebih awal tentang pertanian), dan di Jerman oleh Hildegard von Bingen.[8]

Le Roy Ladurie, dalam bukunya Les Paysans de Languedoc, telah mendokumentasikan penyebaran budidaya artichoke di Italia dan selatan Prancis pada akhir abad kelima belas dan awal abad keenam belas, ketika artichoke muncul sebagai kedatangan baru dengan nama baru, yang dapat dianggap sebagai kedatangan varietas yang ditingkatkan:

Bunga dari berkas, yang diperbaiki oleh orang Arab, melewati Napoli ke Florence pada tahun 1466, dibawa oleh Philippo Strozzi. Pada sekitar tahun 1480, itu terlihat di Venice, sebagai hal yang menarik. Tetapi segera berbelok ke arah barat laut... Tempat tidur artichoke disebutkan di Avignon oleh para notaris mulai tahun 1532; dari kota-kota utama mereka menyebar ke daerah pedalaman... muncul sebagai carchofas di Cavaillon pada tahun 1541, di Chateauneuf du Pape pada tahun 1553, di Orange pada tahun 1554. Nama lokalnya tetap carchofas, dari bahasa Italia carciofo... Mereka sangat kecil, seukuran telur ayam... dan masih dianggap sebagai kemewahan, makanan ringan yang samar-samar afrodisiak yang diawetkan dalam sirup gula.[9]

Orang Belanda memperkenalkan artichoke ke Inggris, di mana mereka tumbuh di kebun Henry VIII di Newhall pada tahun 1530. Mulai pertengahan abad ke-17, artichoke 'menjadi populer' di istana-istana Eropa. Hati artichoke dianggap sebagai bahan mewah dalam masakan istana baru seperti yang tercatat oleh penulis seperti François Pierre La Varenne, penulis Le Cuisinier François (1651). Juga diklaim, pada periode ini, bahwa artichoke memiliki sifat afrodisiak.[10] Mereka dibawa ke Amerika Serikat pada abad kesembilan belas—ke Louisiana oleh imigran Prancis dan ke California oleh imigran Spanyol.

Pengeluaran agribudaya[sunting | sunting sumber]

12 produser articok teratas pada 2013
Negara Produksi (ton) Catatan kaki
 Italia 547,799
 Mesir 390,672
 Spanyol 199,900
 Peru 112,865
 Argentina 106,325 F
 Aljazair 83,374
 Tiongkok 77,000 F
 Maroko 62,063
 Amerika Serikat 42,865
 Prancis 36,423
 Turki 34,014
 Tunisia 18,000
Dunia 1,793,016 A
A = Meliputi data perkiraan, semi-resmi atau resmi
F = Perkiraan FAO | Im =

Sumber: Organisasi Pangan & Agribudaya PBB (FAO)[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gabreilla Sonnante, Domenico Pignone, dan Karl Hammer, 'The Domestication of Artichoke and Cardoon: From Roman Times to the Genomic Age', Annals of Botany, 100 (2007), 1095–1100; DOI:10.1093/aob/mcm127.
  2. ^ Rottenberg, A., dan D. Zohary, 1996: "The wild ancestry of the cultivated artichoke." Genet. Res. Crop Evol. 43, 53–58.
  3. ^ 'Did the Ancients Know the Artichoke?', Gastronomica: The Journal of Food and Culture, 9.4 (2009), 21–28 DOI:10.1525/GFC.2009.9.4.21.
  4. ^ Susan Weingarten, 'The Rabbi and the Emperors: Artichokes and Cucumbers as Symbols of Status in Talmudic Literature', dalam When West Met East: The Encounter of Greece and Rome with the Jews, Egyptians, and Others. Studies Presented to Ranon Katzoff in Honor of his 75th Birthday, ed. oleh David M. Schaps, Uri Yiftach, dan Daniela Dueck, Graeca Tergestina. Storia e civiltà, 3 (Trieste: EUT Edizioni Università di Trieste, 2016), hal. 51–65.
  5. ^ Bulit, Jean-Marc. "Vegetables in Medieval Europe" (dalam bahasa Prancis). oldcook.com. Diakses tanggal 29 May 2017. 
  6. ^ Vartavan, C. (de) dan Asensi Amoros, V. 1997 Codex of Ancient Egyptian Plant Remains. London, Triade Exploration. Halaman 91
  7. ^ Watson, Andrew. Agricultural innovation in the early Islamic world. Cambridge University Press. hlm. 64
  8. ^ John H. Harvey, 'Garden Plants of Moorish Spain: A Fresh Look', Garden History, 20.1 (Spring, 1992), 71–82 (hlm. 75 dan 78).
  9. ^ Dikutip dalam Wheaton, Barbara Ketcham, Savoring the Past, (Touchstone Books, 1983) hlm. 66–67.
  10. ^ Davidson, Alan (2014). Tom Jaine, ed. The Oxford companion to food (edisi ke-3rd). New York. ISBN 978-0-19-967733-7. OCLC 890807357. 
  11. ^ "Major Food And Agricultural Commodities And Producers – Countries By Commodity". Fao.org. Diakses tanggal 2 Feb 2015. 

Rezazadeh, A., Ghasemnezhad, A., Barani, M., & Telmadarrehei, T. (2012). Effect of Salinity on Phenolic Composition and Antioxidant Activity of Artichoke (Cynara scolymus L.) Leaves. Research Journal of Medicinal Plant, 6(3).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]