Arcachon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arcachon
Arcachon di Prancis
Arcachon
Arcachon
Koordinat: 44°39′10″N 1°10′09″W / 44.65278°N 1.169186°W / 44.65278; -1.169186
NegaraPrancis
ArondisemenArcachon
KantonArcachon
Pemerintahan
 • Wali kota (2001-2020) Yves Foulon
 • Populasi1
11.459
Kode INSEE/pos
33009
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

Arcachon merupakan sebuah komune di departemen Gironde di barat daya Prancis. Merupakan lokasi berendam populer di pantai Atlantik 34 mil barat daya Bordeaux di Hutan Landes. Memiliki pantai yang bagus, dan iklim sejuk yang dikatakan baik bagi orang-orang yang mengidap penyakit paru-paru.

Arcachon dikenal sebagai "Arcachonnaise", nama lokal untuk villa Arcachon, yang memiliki gaya arsitektural rumah-rumah tua yang dibangun di sana. Berupa tipe arsitektur Victorian, dan dikritik sepanjang masanya, tetapi saat ini dianggap indah dan asri.

Arcachon dari satelit

Kota Arcachon berusia sekitar 150 tahun. Tidak lama setelah 2 Mei 1857, ketika Kaisar Napoleon III menandatangani "sertifikat kelahiran" resminya, hanya berupa hutan pohon pinus, oak dan stroberi (arbutus), tanpa hubungan jalan, dan rumah - terutama ketika cuaca hangat, dan lebih banyak di kabin hutan daripada rumah - bagi kurang dari 400 jiwa, kebanyakan nelayan dan petani. Pada tahun-tahun pertamanya, ketika sejumlah orang memulai menyarankan berendam di laut, tiga fasilitas di laut didirikan oleh sejumlah pengusaha untuk bangsawan Bordeaux dan orang-orang kaya. Ini adalah awal dari gaya hidup baru, dan banyak orang lokal yang memperoleh kesempatan untuk mengklaim kemerdekaannya dari La Teste-de-Buch, yang memegang properti mereka, untuk mendirikan kota baru "bebas", Arcachon.

Di pintu masuk selatan dari Samudra Atlantik, Teluk Arcachon dihiasi oleh gundukan pasir terbesar di Eropa, Dune de Pyla (atau du Pilat), hampir sepanjang 3 kilometer, lebar 500 meter, mencapai tinggi 107 meter, dan bergerak ke darat 5 meter setiap tahun.

Wilayah ini dilayani oleh Bandar Udara La Teste-de-Buch dan TGV Atlantique.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]