Angkatan Udara Kanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Udara Kerajaan Kanada
Royal Canadian Air Force
Aviation royale canadienne
Aktif1 April 1924
Negara Kanada
Tipe unitAngkatan udara
Jumlah personel12.074 personel reguler
391 pesawat[1]
Bagian dariAngkatan Bersenjata Kanada
MarkasNational Defence Headquarters, Ottawa, Ontario
JulukanRCAF
MotoSic Itur ad Astra
Inilah jalan menuju bintang
Pertempuran
Situs webwww.canada.ca/en/air-force.html Sunting ini di Wikidata
Tokoh
Panglima Tertinggi Charles III, Raja Kanada diwakili oleh
Mary Simon, Gubernur Jenderal Kanada
Menteri Pertahanan Anita Anand
Komandan Angkatan Udara Letjen Al Meinzinger
Insignia
Bendera
Roundel
Fin flash

Angkatan Udara Kerajaan Kanada (bahasa Inggris: Royal Canadian Air Force [RCAF], bahasa Prancis: Aviation royale canadienne), adalah angkatan udara Kanada, yang merupakan salah satu dari tiga cabang atau komando dari Angkatan Bersenjata Kanada. Tugas resminya adalah "memberikan kekuaan udara yang relevan, responsif, dan efektif bagi Angkatan Bersenjata Kanada".[2] Pada 2013, RCAF memiliki 14.500 pasukan tetap dan 2.600 pasukan cadangan, dibantu oleh 2.500 pegawai sipil, dan memliki 258 pesawat berawak serta 9 pesawat tanpa awak.[3][4]

Angkatan Udara Kerajaan Kanada telah bertugas di Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Teluk Persia, serta beberapa misi penjaga perdamaian PBB dan operasi NATO. Sebagai anggota NATO, pasukan tersebut mempertahankan kehadirannya di Eropa selama paruh kedua abad ke-20.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Udara Kanada (CAF) didirikan pada tahun 1920 sebagai penerus dua skuadron Angkatan Udara Kanada yang berumur pendek yang dibentuk selama Perang Dunia Pertama di Eropa. Pada tahun 1923, CAF bertanggung jawab atas semua operasi penerbangan di Kanada, termasuk penerbangan sipil. Pada tahun 1924, Angkatan Udara Kanada diberikan gelar "royal"/kerajaan, menjadi Angkatan Udara Kerajaan Kanada (Royal Canadian Air Force/RCAF). Sebagian besar pekerjaannya bersifat sipil; namun, pada akhir 1920-an RCAF berkembang menjadi lebih dari sebuah organisasi militer. Setelah pemotongan anggaran pada awal 1930-an, angkatan udara mulai membangun kembali.

Selama Perang Dunia Kedua, RCAF adalah kontributor utama Rencana Pelatihan Udara Persemakmuran Inggris dan terlibat dalam operasi di Britania Raya, Eropa, Atlantik utara, Afrika Utara, Asia selatan, dan dengan pertahanan dalam negeri. Pada akhir perang, RCAF telah menjadi angkatan udara sekutu terbesar keempat.[5]

Setelah perang, RCAF mengurangi kekuatannya. Karena meningkatnya ancaman Soviet terhadap keamanan Eropa, Kanada bergabung dengan NATO pada tahun 1949. Pada tahun 1950, RCAF terlibat dengan mengangkut pasukan dan perbekalan untuk Perang Korea; namun mereka menurunkan unit tempur RCAF. Pada tahun 1957, Kanada dan Amerika Serikat membentuk Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD).

Dari 18 Maret hingga 1 November 2011, RCAF terlibat dalam Operasi Mobile, kontribusi Kanada untuk Operasi Unified Protector di Libya. Tujuh pesawat tempur CF-18 Hornet dan beberapa pesawat lainnya bertugas di bawah Task Force Libeccio sebagai bagian dari intervensi militer.[6]

Pada 17 April 2014, Perdana Menteri Stephen Harper mengumumkan bahwa Kanada mengirim enam CF-18 dan personel militer untuk membantu NATO dalam operasi di Eropa Timur.[7]

Struktur[sunting | sunting sumber]

Sebuah CC-150 Polaris milik RCAF mengisi bahan bakar dua CF-18 Hornet

Komandan Angkatan Udara Kerajaan Kanada, yang terletak di Markas Besar Pertahanan Nasional di Ottawa, memimpin dan memberikan arahan strategis kepada Angkatan Udara. Komandan 1 Divisi Udara Kanada dan Wilayah NORAD Kanada, yang berbasis di Winnipeg, bertanggung jawab atas komando operasional dan pengendalian aktivitas Angkatan Udara Kerajaan Kanada di seluruh Kanada dan di seluruh dunia. Divisi Udara RCAF lainnya, 2 Divisi Udara Kanada, didirikan pada Juni 2009, dan terdiri dari tempat pelatihan.

Ada 13 sayap di Kanada, 11 operasional dan 2 digunakan untuk pelatihan. Sayap mewakili pengelompokan berbagai skuadron, baik operasional maupun pendukung, di bawah satu komandan taktis yang melapor kepada komandan operasional. Sepuluh sayap juga termasuk pangkalan Pasukan Kanada bersama dengan unit operasional dan pendukung lainnya.

Pangkat jenderal diadakan ketika seorang perwira udara menjabat sebagai kepala Staf Pertahanan. Komandan Angkatan Udara Kerajaan Kanada memegang pangkat letnan jenderal. Divisi dipimpin oleh mayor jenderal. Brigadir jenderal biasanya adalah komandan kedua dari sebuah divisi. Sayap diperintahkan oleh kolonel. Skuadron dipimpin oleh letnan kolonel. Mayor biasanya adalah komandan skuadron kedua, atau komandan penerbangan. Kapten, letnan dan letnan dua adalah pemimpin tingkat junior di skuadron dan markas RCAF.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Key Facts". 
  2. ^ Royal Canadian Air Force. "Royal Canadian Air Force - Mission". Her Majesty the Queen in Right of Canada as represented by the Minister of National Defence. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 March 2016. Diakses tanggal 19 March 2016. 
  3. ^ "Purpose – General Information." Diarsipkan 2008-01-17 di Archive.is National Defence, 23 April 2008. Retrieved: 2 September 2009.
  4. ^ Berthiaume, Lee. "Air force's new name got lost in translation, documents show." Diarsipkan 2013-10-17 di Wayback Machine. Postmedia News, 29 November 2011.
  5. ^ Sixty years : the RCAF and CF Air Command 1924-1984. Larry Milberry. Toronto: CANAV Books. 1984. ISBN 0-9690703-4-9. OCLC 12582777. 
  6. ^ "Canada's military contribution in Libya". 
  7. ^ Chase, Steven; Mackrael, Kim (2014-04-30). "Canada sending frigate to join NATO in eastern Europe". The Globe and Mail (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-25.