Amenemhat II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nubkaure Amenemhat II merupakan firaun ketiga Dinasti kedua belas Mesir di Mesir Kuno. Meksipun ia bertakhta setidaknya selama tiga puluh lima tahun, pemerintahannya agak kabur, begitu pula hubungan keluarganya.

Temuan arkeologi memberi nama ibunda Amenemhat, "ibunda raja" Neferu III, tapi bukan nama ayahandanya. Meskipun demikian, biasanya dianggap bahwa ia adalah putra pendahulunya, Senusret I. Kesaksian awal Amenemhat mungkin berasal dari makam yang bernama sama sepertinya, Nomark Amenemhat, yang dimakamkan di Beni Hasan Nomark ini, yang tinggal di bawah Senusret I, mengawal "putra Raja Ameny" di dalam sebuah ekspedisi kepada Nubia, dan diyakini bahwa pangeran Ameny ini tidak lain adalah Amenemhat II di masa mudanya.[3]

Identitas permaisuri Amenemhat tidak diketahui. Banyak wanita kerajaan dimakamkan di dalam kompleks piramida tapi hubungan mereka dengan raja tidak jelas: seorang ratu Keminub harus diberi tanggal pada yang kemudian Dinasti ketiga belas Mesir, dan tiga "putri raja" yang bernama Ita, Itaweret dan Khenmet mungkin adalah putri-putri Amenemhat, meskipun sebuah bukti definitif masih kurang.[3] Penggantinya, Senusret II kemungkinan adalah putranya, meskipun ini tidak pernah dinyatakan dengan eksplisit di manapun.[4] Katurunan lainnya adalah pangeran Amenemhatankh dan putri-putri Nofret II dan Khenemetneferhedjet, kemungkinan orang yang sama dengan Khenemetneferhedjet I; kedua wanita tersebut kemudain menjadi istri saudara mereka yang bernama Senusret II.[5]

Sphinx Amenemhat II, dari Tanis. Louvre, A23
Kalung Putri Khenmet, putri Amenemhat II

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Delia, Robert D. (1979). "A new look at some old dates: a reexamination of Twelfth Dynasty double dated inscriptions". Bulletin of the Egyptological Seminar of New York. 1: 15–28. 
Dodson, Aidan; Hilton, Dyan (2004). The Complete Royal Families of Ancient Egypt. Thames & Hudson. ISBN 0-500-05128-3. 
Grajetzki, Wolfram (2006). The Middle Kingdom of Ancient Egypt: History, Archaeology and Society. London: Duckworth. ISBN 0-7156-3435-6. 
Hornung, Erik; Krauss, Rolf; Warburton, David, ed. (2006). Ancient Egyptian Chronology. Handbook of Oriental Studies. Leiden, Boston: Brill. ISBN 978-90-04-11385-5. ISSN 0169-9423. 
Murnane, William J. (1977). Ancient Egyptian coregencies (=Studies in Ancient Oriental Civilization, no. 40). Chicago: The Oriental Institute of the University of Chicago. ISBN 0-918986-03-6. 
Willems, Harco (2010). "The First Intermediate Period and the Middle Kingdom". Dalam Lloyd, Alan B. A companion to Ancient Egypt, volume 1. Wiley-Blackwell. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]