All the Bright Places (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
All the Bright Places
Poster film
SutradaraBrett Haley
Produser
Skenario
Berdasarkan
All the Bright Places
oleh Jennifer Niven
Pemeran
Penata musikKeegan DeWitt
SinematograferRob C. Givens
PenyuntingSuzy Elmiger
Perusahaan
produksi
  • Echo Lake Entertainment
  • Mazur/Kaplan Company
  • Demarest Media
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 28 Februari 2020 (2020-02-28)
Durasi108 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris

All the Bright Places adalah film drama romantis remaja Amerika tahun 2020 yang diadapatasi dari novel karya Jennifer Niven dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Brett Haley dan ditulis oleh Jennifer Niven bersama Liz Hannah. Film ini dibintangi oleh Elle Fanning dan Justice Smith sebagai pemeran utama.

Diperankan juga oleh Alexandra Shipp, Kelli O'Hara, Lamar Johnson, Virginia Gardner, Felix Mallard, Sofia Hasmik, Keegan-Michael Key, dan Luke Wilson.

Film ini dirilis pada 28 Februari 2020, di situs streaming Netflix

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

All the Bright Places mengisahkan tentang dua sabahat yang berusaha mengatasi trauma mereka masing-masing. Violet Markey (Elle Fanning) masih dihantui rasa bersalah pasca kematian sang kakak, Eleanor, yang cukup tragis. Sembilan bulan lalu, mobil yang dikendarai Eleanor dan Violet melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak sisi jembatan. Sejak saat itu, Violet tidak lagi memiliki keberanian untuk berkendara.

Rasa bersalahnya bertambah besar karena saat kejadian, Violet lah yang meminta Eleanor melewati jalan itu. Serupa dengan Violet, Theodore Finch (Justice Smith) juga hidup dalam bayang-bayang trauma dalam dirinya. Dia mengalami depresi dan seringkali berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Finch makin merasa terisolasi, karena tidak ada satupun dari keluarganya yang memahami kondisinya.

Violet dan Finch mulai saling mengenal saat keduanya dipasangkan untuk sebuah tugas sekolah. Saat itu, para murid diminta membuat esai tentang tempat-tempat paling menakjubkan yang terdapat di Bartlett, Indiana.

Finch pun mengajak Violet ke sejumlah tempat yang terlihat aneh dan biasa, namun menyimpan banyak keindahan di baliknya.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2015, Elle Fanning diumumkan akan membintangi film berjudul All the Bright Places, Film yang diadaptasi dari novel Jennifer Niven.[2] Saat itu, Miguel Arteta yang direncanakan akan menyutradarai film tersebut.[3]

Pada Juli 2018, Justice Smith diumukan akan menjadi lawan main Elle Fanning film tersebut. Brett Haley menggantikan Arteta sebagai sutradara dan Liz Hannah akan menulis skenario film tersebut bersama Niven. Echo Lake Entertainment dan FilmNation Entertainment bekerja sama dalam memproduksi film tersebut. Elle Fanning juga akan menjadi produser bersama Paula Mazur, Mitchell Kaplan, Doug Mankoff, Andrew Spaulding dan Brittany Kahn, sedangkan Hannah sebagai produser eksekutif.[4]

Pada Oktober 2018, Alexandra Shipp, Keegan-Michael Key, Luke Wilson, Kelli O'Hara, Virginia Gardner, Felix Mallard, Lamar Johnson, dan Sofia Hasmik juga diumumkan akan memerankan film tersebut. Film ini resmi akan tayang di Netflix dan menjadi film orisinal.[5] Pengambilan gambar dimulai pada 4 Oktober 2018, di Elyria, Ohio.[6][7]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini rilis di situs streaming Netflix pada 28 Februari 2020.[8]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2020, All The Bright Places mendapat rating 66% di situs ulasan film Rotten Tomatoes, berdasarkan 38 pengulas, dengan nilai rata-rata 6,33/10. Dalam situs web tersebut berbunyi: "Meski kadang-kadang terikat beban emosional dari materi sumbernya, All The Bright Place berhasil dengan penampilan yang menawan dan lembut dari Elle Fanning dan Justice Smith."[9] Sedangkan dari situs Metacritic, film ini meraih rating 61 dari 100, berdasarkan 9 kritikus, hal ini menunjukkan rata-rata ulasan menyukai film tersebut.[10]

Kimber Myers dari Los Angeles Times memberi ulasan positif untuk film ini: "Meskipun bukan tanpa humor, All the Bright Places menangani emosi remaja secara serius dan akan menggerakkan romantisme dari segala usia dengan cara yang mungkin tidak terduga."[11] Courtney Howard dari Variety memberi ulasan positif: "Detak jantungnya yang murni dan nada humanistiknya membuatnya agak menonjol."[12] Candice Frederick dari The New York Times juga memberi ulasan yang positif untuk film ini: "Smith dan Fanning menampilkan akting yang dalam di kisah yang rumit ini."[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pratiwi, Mutiara Hening (11 Agustus 2020). Cyntara, Rheisnayu, ed. "Sinopsis All the Bright Places, Dua Sahabat Berusaha Mengatasi Trauma". Kompas.com. Diakses tanggal 11 Oktober 2020. 
  2. ^ Kroll, Justin (July 31, 2014). "Elle Fanning to Star in Adaptation of YA Novel 'All the Bright Places' (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal February 29, 2020. 
  3. ^ Fleming Jr, Mike (July 27, 2015). "Miguel Arteta To Helm Elle Fanning-Starrer 'All The Bright Places'". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 4, 2018. 
  4. ^ Hipes, Patrick (July 23, 2018). "'All The Bright Places' Movie Ramps Up With Justice Smith To Star With Elle Fanning, Brett Haley Directing". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 4, 2018. 
  5. ^ Galuppo, Mia (October 4, 2018). "Alexandra Shipp, Keegan-Michael Key Join Elle Fanning in 'All the Bright Places' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 4, 2018. 
  6. ^ Fanning, Elle (October 4, 2018). "Violet + Finch. Day 1 #AllTheBrightPlaces @netflix #bretthaley". Instagram. Diakses tanggal October 4, 2018. 
  7. ^ "THE MAZUR KAPLAN COMPANY AND ECHO LAKE ENTERTAINMENT START PRODUCTION AND ROUND OUT CAST ON BRETT HALEY'S "ALL THE BRIGHT PLACES" STARRING ELLE FANNING AND JUSTICE SMITH FOR NETFLIX". Netflix Media Center. October 4, 2018. 
  8. ^ See What's Next [@seewhatsnext] (December 12, 2019). "Elle Fanning, Justice Smith, Alexandra Shipp, Kelli O'Hara, Keegan-Michael Key, and Luke Wilson star in All The Bright Places, adapted from Jennifer Niven's best-selling novel" (Tweet). Diakses tanggal December 12, 2019 – via Twitter. 
  9. ^ "All the Bright Places". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal June 18, 2020. 
  10. ^ "All the Bright Places Reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 28, 2020. 
  11. ^ Myers, Kimber (February 28, 2020). "Review: 'All the Bright Places,' with Elle Fanning and Justice Smith, finds romance in darkness". Los Angeles Times. Diakses tanggal February 28, 2020. 
  12. ^ Howard, Courtney (February 28, 2020). "'All The Bright Places': Film Review". Variety. Diakses tanggal February 28, 2020. 
  13. ^ Frederick, Candice (February 28, 2020). "'All the Bright Places' Review: Love Amid Trauma". The New York Times. Diakses tanggal February 28, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]