Alfred Newman (komposer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alfred Newman
Lahir(1900-03-17)17 Maret 1900
New Haven, Connecticut, AS
Meninggal17 Februari 1970(1970-02-17) (umur 69)
Hollywood, Los Angeles, California, AS
MakamForest Lawn Memorial Park, Glendale
PekerjaanKomposer, konduktor, pengaransemen
Tahun aktif1915–1970
Suami/istri
Martha Louis Montgomery
(m. 1947; kematiannya 1970)
Anak4, termasuk David, Thomas, dan Maria Newman
Karier musik
GenreMusik film

Alfred Newman (17 Maret 1900 – 17 Februari 1970)[1] adalah seorang komposer, pengaransemen, dan konduktor musik film Amerika. Memulai kariernya sebagai prodigi film, ia dipanjang sebagai figur terhormat dalam sejarah musik film. Ia memenangkan sembilan Academy Awards dan dinominasikan empat puluh tiga kali.

Dalam karier sepanjang lebih dari empat dekade, Newman mengkomposisikan musik-musik untuk lebih dari 200 film. Beberapa musik terkenalnya meliputi Wuthering Heights, The Hunchback of Notre Dame, The Mark of Zorro, How Green Was My Valley, The Song of Bernadette, Captain from Castile, All About Eve, Love is a Many Splendored Thing, Anastasia, The Diary of Anne Frank, How The West Was Won, The Greatest Story Ever Told, dan musik terakhirnya, Airport, semuanya dinominasikan atau memenangkan Academy Awards.

Newman juga sangat dihargai sebagai kondutor, dan mengaransemenkan dan mengkonduksikan beberapa musik karya komposer lainnya, yang meliputi George Gershwin, Charlie Chaplin, dan Irving Berlin. Ia juga mengkonduksikan musik untuk beberapa adaptasi film dari musikal Broadway (telah berkarya pada Broadway selama sepuluh tahun sebelum datang ke Hollywood), serta beberapa musikal Hollywood asli.

Ia adalah salah satu musisi pertama yang mengkomposisikan dan mengkonduksikan musik asli pada Zaman Keemasan perfilman Hollywood, kemudian menjadi sutradara musik paling dihormati dan berkuasa dalam sejarah Hollywood.[2] Newman dan dua komposer sejawatnya, Max Steiner dan Dimitri Tiomkin, dianggap menjadi "tiga walibaptis musik film".[3][4]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama TCM
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Henderson2
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MacDonald
  4. ^ "Nominee Facts - Most Nominations and Awards", Academy of Motion Picture Arts and Sciences; retrieved November 30, 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]