Alchmund Derby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sarkofagus St Alkmund di Museum dan Galeri Seni Derby.

Alcmund Derby atau of Lilleshall, juga dieja Ealhmund, Alhmund, Alkmund, atau Alchmund (diperkirakan wafat tahun 800) adalah putra Alhred dari Northumbria. Setelah lebih dari dua puluh tahun dalam pengasingan di antara Pict sebagai akibat dari perjuangan dinasti Northumbrian, ia kembali dengan tentaranya. Ia terbunuh sekitar tahun 800, dengan sebab yang tidak jelas saat ini namun merupakan tanggung jawab Raja Eardwulf dari Northumbria. Apapun kejadian tepatnya, kematiannya dianggap sebagai martir, dan Alcmund disebut sebagai santo.[1]

Bagian tiang salib dari Gereja St. Alkmund yang telah tidak dipakai, tersimpan di Museum dan Galeri Seni Derby[2].

Alcmund dimakamkan di Lilleshall, Shropshire, di mana keajaiban telah dilaporkan muncul di makamnya. Karena serbuan bangsa Denmark, jasadnya dipindahkan ke Derby, dan Gereja St Alkmund dan penggantian tempatnya dikhususkan untuknya. Gereja diruntuhkan pada abad ke-20 dan beberapa bekas bangunan gereja sebelumnya muncul sampai ke jejak abad ke-9 dan artifakt termasuk di antaranya sarkofagus batu.[3]

Hari peringatannya adalah setiap tanggal 19 Maret.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanda di Museum Derby mencatat bahwa pada abad ke-9 sebagai Santo dimakamkan di Minster di samping Derwent pada tempat yang disebut Northworthy - yang nama Vikingnya adalah Derby.
  2. ^ Pada label di museum tertulis "Part of 9th-century Anglo Saxon stone cross which once stood at St. Alkmund's church, Derby. This stone was found when St Alkmund's church was rebuilt in 1844. The cross was originally about 4 metres tall. There are birds and beasts carved on all four sides." (Bagian sisa dari abad ke-9 batu Anglo Saxon yang pernah berdiri di gereja St Alkmund waktu itu, di Derby. Batu ini ditemukan ketika gereja St Alkmund dibangun kembali pada tahun 1844. Salib itu awalnya sekitar 4 meter. Ada burung dan binatang diukir di keempat sisinya)
  3. ^ (Inggris) Sarah Allard, Nicola Rippon (2003). Goodey's Derby (Paintings and Drawing in the Collection of Derby Museum & Art Gallery) p.134. Breedon Books Publishing Co Ltd. ISBN 978-1859833797. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  • Grosjean, P., Codicis Gothani Appendix (Vita Sancti Aelkmundi regis), Analecta Bollandiana lviii (1940), 178-83

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "nama artikel dibutuhkan". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.