Akrobatik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
pemain akrobat Tiongkok di tengah udara setelah didorong dari sebuah papan loncat, Tiongkok, 1987

Akrobatik (dari Bahasa Yunani ἀκροβατέω akrobateō, "berjalan berjinjit, menopang"[1]) adalah penampilan luar biasa yang melibatkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Hal ini dapat ditemukan pada banyak seni pertunjukan, acara olahraga, dan seni bela diri. Akrobat paling sering dikaitkan dengan aktivitas yang secara ekstensif menggunakan elemen senam, seperti acro dance, sirkus, dan senam, tetapi banyak kegiatan atletik lainnya - seperti balet dan menyelam - juga dapat menggunakan akrobat. Meskipun akrobat paling sering dikaitkan dengan kinerja tubuh manusia, hal itu mungkin juga berlaku untuk jenis pertunjukan lain, seperti aerobatik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seorang pemain akrobat perempuan digambarkan pada hydria Yunani kuno, c. 340-330 BC.

tradisi akrobatik ditemukan di banyak budaya, dan terdapat bukti bahwa awal tradisi tersebut terjadi ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, kesenian Minoa pada c. 2000 BC memuat penggambaran aksi akrobatik di punggung sapi jantan. Yunani dan Romawi kuno juga mempraktikkan akrobatik.

Di Tiongkok, akrobat telah menjadi bagian dari budaya sejak Dinasti Han (206 SM-AD 220). Akrobat adalah bagian dari festival panen desa.[2] Saat masa Dinasti Tang, akrobat memiliki kesamaan perkembangan seperti aerobatik Eropa yang terlihat selama Abad Pertengahan, dengan penampilan selama abad ke-7 hingga abad ke-10 mendominasi praktik tersebut.[3] Akrobat terus menjadi bagian penting dari berbagai seni Tiongkok modern.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Aerial[sunting | sunting sumber]

Seorang aerialis adalah pemain akrobat yang melakukan penampilan di udara, pada alat gantung seperti trapeze, tali, ayunan aerial, tiang aerial, kain sutra aerial, atau hoop aerial.[4]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ἀκροβατέω, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, on Perseus
  2. ^ "redpanda2000". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-14. Diakses tanggal 2016-04-26. 
  3. ^ Pasadena.edu
  4. ^ "Circus Dictionary". National Institute of Circus Arts. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Juli 2011. Diakses tanggal 1 Oktober 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]