Ahmad bin Abi Du'ad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahmad bin Abi Du'ad
أحمد بن أبي دؤاد

Al-Iyadi
Hakim ketua Kekhalifahan Abbasiyah
Masa jabatan
833–848
Pejabat dan Penasihat Abbasiyah
Masa jabatan
833–847
Informasi pribadi
Lahir
Ahmad

776/7
MeninggalJuni 854
AgamaIslam
AnakAbdullah bin Ahmad,
Muhammad bin Ahmad
Orang tuaAbi Du'ad al-Iyadi
EtnisArab
ZamanZaman Keemasan Islam
WilayahKekhalifahan Abbasiyah
MazhabHanafi[1][2]
KredoMuktazilah
Minat utamaTeologi Islam, Fiqh
Karya terkenalSelama masa jabatannya sebagai hakim ketua ia berusaha untuk mempertahankan Mu'tazilisme sebagai ideologi resmi negara, dan ia memainkan peran utama dalam menuntut Inkuisisi (Mihnah) untuk memastikan kepatuhan dengan doktrin Muktazilah di antara pejabat dan ulama.
Dikenal sebagaiSeorang pendukung Muktazilah, Dia diangkat sebagai hakim kepala Kekhalifahan Abbasiyah pada tahun 833, dan menjadi sangat berpengaruh pada masa pemerintahan al-Mu'tasim dan al-Wathiq.
HubunganIyad (suku)

Abu 'Abdullah Ahmad bin Abi Du'ad al-Iyadi (Arab: أبو عبد الله أحمد بن أبي دؤاد الإيادي, translit: ʾAbū ʿAbd Allāh ʾAḥmad ibn ʾAbī Duʾād al-ʾIyādī) (776/7–June 854) adalah seorang hakim agama Islam (qadi) pada pertengahan abad kesembilan. Seorang pendukung Mu'tazilisme, ia diangkat sebagai hakim kepala Kekhalifahan Abbasiyah pada tahun 833, dan menjadi sangat berpengaruh selama kekhalifahan al-Mu'tasim dan al-Wathiq. Selama masa jabatannya sebagai hakim ketua ia berusaha untuk mempertahankan Mu'tazilisme sebagai ideologi resmi negara, dan ia memainkan peran utama dalam menuntut Inkuisisi (mihnah) untuk memastikan kepatuhan terhadap Mu'tazilah doktrin di kalangan pejabat dan ulama.[3] Pada 848 Ibnu Abi Du'ad menderita stroke dan memindahkan posisinya ke putranya Muhammad, tetapi pengaruh keluarganya menurun selama kekhalifahan al-Mutawakkil, yang secara bertahap meninggalkan Mu'tazilisme dan mengakhiri "mihnah".

Sebagai salah satu pejabat paling senior selama pemerintahan beberapa khalifah, kedudukan Ibnu Abi Du'ad di istana Abbasiyah telah dibandingkan dengan Barmakid pada puncaknya.[4] Dianggap sebagai Mu'tazilah terkemuka dan salah satu arsitek utama "mihnah", penganiayaannya terhadap para sarjana ortodoks, termasuk teolog terkenal Ahmad bin Hanbal, menyebabkan reputasinya menburuk setelah kematiannya, dan dia dijadikan objek fitnah oleh para penulis biografi Sunni kemudian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rahman, Zameelur (1 March 2014). "Answers to Doubts over the 'Aqidah of Imam Abu Hanifah". Darul Ma'arif (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 December 2020. ...his major enemies besides the ruling elite were some scholars of the Hanafi school, in particular the judge Ahmad ibn Abi Dawud 
  2. ^ Al Baghdadi, Tarikh Baghdad 15:518
  3. ^ Tillier, Mathieu (2009-12-05), "I - Le grand cadi", Les cadis d'Iraq et l'État Abbasside (132/750-334/945), Études arabes, médiévales et modernes, Beyrouth: Presses de l’Ifpo, hlm. 426–461, ISBN 978-2-35159-278-6, diakses tanggal 2020-06-13 
  4. ^ Hurvitz 2002, hlm. 123-24.
Didahului oleh:
Yahya bin Aktsam
Hakim ketua Kekhalifahan Abbasiyah
833–848
Diteruskan oleh:
Muhammad bin Ahmad bin Abi Du'ad
(Akting)