Académie Royale des Beaux-Arts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Académie Royale des Beaux-Arts, Brusel, jalan Midi, 13 Juni, 1935. Tampak di depan sekolah, berkumpul sekelompok mahasiswa Prancis, dan mobil yang tampak adalah milik dari Robert Schuiten.(photography Léon van Dievoet)

Académie Royale des Beaux-Arts di Brusel, Belgia adalah sebuah akademi seni yang dibentuk oleh suatu komunitas penduduk kota itu. Pada 1711, mereka mempergunakan salah satu ruangan di balai kota sebagai ruang kelas yang didonasikan oleh para penduduk kepada dekan seni lukis, pematung, dan pelaku seni amatir lainnya untuk melatih kemampuan mereka menggambar ataupun melukis dan memahat patung. Sedangkan bangunan akademinya sendiri didirikan dan dibuat pada tahun 1768.

Selain sebagai sekolah seni, ia juga adalah tempat untuk mencipta, berdiskusi dan terkadang sebagai tempat untuk mengadu tingkat sensibilitas dari berbagai aliran seni yang ada. Akademi ini sudah memberikan banyak pelatihan dan meluluskan banyak seniman terkenal dunia. Pada tahun 1876, institusi ini pindah ke bangunan lebih permanen dan layak yang terletak di jalan Midi, dimana bangunan ini direhabilitasi secara jenius oleh seorang arsitek, Jamaer.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Para seniman terkenal yang pernah menimba ilmu disini[sunting | sunting sumber]

Baca juga[sunting | sunting sumber]

  • SADBr, assosiasi para arsitek lulusan dari akademi ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]