Pangeran Monte Cristo: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
menyesuaikan dengan judul baru, +pranala luar
Tjmoel (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Infobox book
{{Infobox book
|name =Pangeran Monte Cristo
|name =Pangeran Monte Cristo
|image =[[Berkas:Louis Français-Dantès sur son rocher.jpg|225px]]
|image =Berkas:Louis Français-Dantès sur son rocher.jpg
|caption =[[Alexandre Dumas]]
|caption =[[Alexandre Dumas]]
|author =[[Alexandre Dumas]]<br><small>kolaborasi bersama [[Auguste Maquet]]</small>
|author =[[Alexandre Dumas]]<br><small>kolaborasi bersama [[Auguste Maquet]]</small>

Revisi per 15 Juli 2015 09.40

Pangeran Monte Cristo
PengarangAlexandre Dumas
kolaborasi bersama Auguste Maquet
Judul asliLe Comte de Monte-Cristo
NegaraPerancis
BahasaPerancis
GenreNovel sejarah
Tanggal terbit
1844-1845 (berseri)

Pangeran Monte Cristo (Prancis: Le Comte de Monte-Cristo, Inggris: The Count of Monte Cristo) adalah novel petualangan karya penulis Perancis Alexandre Dumas (père). Selesai pada tahun 1844, novel ini adalah salah satu karya Dumas paling populer, bersama dengan Les Trois Mousquetaires. Novel ini merupakan hasil kolaborasinya dengan penulis bayangan, Auguste Maquet.[1]

Seting novel ini di Perancis, Italia, pulau-pulau di Mediterania, dan di Levant selama peristiwa sejarah 1815-1838. Ceritanya dimulai sebelum periode Seratus Hari (ketika Napoleon kembali berkuasa setelah pengasingannya) dan mencakup hingga pemerintahan Louis-Philippe dari Perancis. Latar belakang sejarah merupakan elemen mendasar dari buku ini. Sebuah kisah petualangan terutama berkaitan dengan tema harapan, keadilan, dendam, belas kasih dan pengampunan, berfokus pada seorang pria lalim yang dipenjara, lolos dari penjara, memperoleh kekayaan dan mencoba membalas dendam kepada mereka yang dianggap bertanggungjawab atas penahanannya. Namun, rencananya telah menghancurkan konsekuensi bagi orang yang tidak bersalah serta bersalah.

Buku ini dianggap sebagai sastra klasik hari ini. Menurut Luc Sante, "The Count of Monte Cristo telah menjadi perlengkapan sastra peradaban Barat, seperti tak terhindarkan dan langsung dikenali sebagai Miki Tikus, banjir Nuh, dan kisah Si Kerudung Merah."[2]

Referensi

  1. ^ Schopp, Claude (1988). Alexandre Dumas, Genius of Life. Diterjemahkan oleh A. J. Koch. New York, Toronto: Franklin Watts. hlm. 325. ISBN 0-531-15093-3. 
  2. ^ Alexandre Dumas, The Count of Monte Cristo 2004, Barnes & Noble Books, New York. ISBN 978-1-59308-333-5. p. xxv (TCMC)

Pranala luar