Majalah KA: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
RaFaDa20631 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 13: Baris 13:
|category = [[Kereta api|Perkeretaapian]]
|category = [[Kereta api|Perkeretaapian]]
|company = PT Ilalang Sakti Komunikasi
|company = PT Ilalang Sakti Komunikasi
|publisher = '''Kerjasama:'''<br/>PT Kiprah Tiga Rancang<br/>PT Ilalang Sakti Komunikasi<br>CV Mentari Terang Sejahtera<br>CV Lintang Mas Kreasi
|publisher = PT Ilalang Sakti Komunikasi
|based = Saladin Square, B 12-15, Jalan Margonda Raya No. 39, Depok
|based = Saladin Square, B 12-15, Jalan Margonda Raya No. 39, Depok
|firstdate = [[Agustus]] [[2006]]
|firstdate = [[Agustus]] [[2006]]
Baris 22: Baris 22:
|issn = 2087-9458
|issn = 2087-9458
}}
}}
'''''Majalah KA''''' atau '''''Majalah Kereta Api''''' adalah [[majalah]] bulanan di [[Indonesia]] yang berisi hal-hal seputar [[kereta api]], baik lokal maupun internasional. Majalah ini diterbitkan atas prakarsa Yohanes Soegeng Setyo dan Sudjono Arif Fauzan pada pertengahan tahun [[2006]] dengan edisi [[Agustus]] [[2006]] sebagai terbitan pertamanya mulai bulan juli majalah ka tidak terbit lagi versi cetak namun beralih ke media cyber atau online
'''''Majalah KA''''' atau '''''Majalah Kereta Api''''' (MKA) adalah [[majalah]] bulanan di [[Indonesia]] yang berisi hal-hal seputar [[kereta api]], baik lokal maupun internasional. Majalah ini diterbitkan atas prakarsa Yohanes Soegeng Setyo dan Sudjono Arif Fauzan pada pertengahan tahun [[2006]] dengan edisi [[Agustus]] [[2006]] sebagai terbitan pertamanya. Majalah ini diterbitkan oleh PT Ilalang Sakti Komunikasi (Grup Ilalang).

== Sejarah ==
MKA bermula dari pembicaraan antara Yohanes Soegeng Setyo (Soegeng) dan Sudjono A.F. tentang banyaknya permintaan penumpang di Katalog Televisi Kereta Api (KATV) pada tahun 2006 untuk menerbitkan sebuah media informasi sektor perkeretaapian, dengan modal sendiri.<ref>Majalah KA Edisi ke-100. November 2014</ref> Sudjono kemudian meminta artikel-artikel dari para penulis di sektor kereta api untuk diterbitkan di majalah yang kemudian diberi nama ''Majalah KA'' (MKA). Pada akhirnya, terbitlah edisi pertama MKA pada bulan Agustus 2006.

Berbagai cobaan telah didapat oleh MKA. Pertama, MKA berusaha mewawancarai [[Ronny Wahyudi]], dirut PT KAI saat itu, namun tiba-tiba MKA mendapat jawaban tidak boleh diterbitkan jika tak ada izin dari KAI. Dalam keadaan kritis, akhirnya ada kabar menggembirakan. Majalah KA diizinkan terbit dan bahkan kedudukan MKA penting sebagai media komunikasi dan informasi seputar perkeretaapian.

Hingga tahun [[2015]], MKA menjadi sangat populer sebagai satu-satunya majalah cetak bertema perkeretaapian di Indonesia dan telah memiliki media ''siber'' di situs web resminya, ''majalahka.com'' Edisi Juni 2015 menjadi edisi cetak terakhirnya, dan mulai Juli MKA kemudian beralih ke media ''siber''.<ref>Majalah KA Edisi Juni 2015</ref>


==Galeri==
==Galeri==
Baris 28: Baris 35:
Berkas:Logo Majalah KA (2006-2007).jpg|Logo awal (Agustus 2006&ndash;Juli 2007).
Berkas:Logo Majalah KA (2006-2007).jpg|Logo awal (Agustus 2006&ndash;Juli 2007).
</gallery>
</gallery>

== Referensi ==
{{reflist}}


==Pranala luar==
==Pranala luar==

Revisi per 29 Juni 2015 04.22

Majalah KA
Sampul edisi 05, Desember 2006.
Pemimpin RedaksiAmad Sudarsih
FotograferSendy Prasetya
KategoriPerkeretaapian
FrekuensiBulanan
PenerbitPT Ilalang Sakti Komunikasi
PendiriYohanes Soegeng Setyo
Sudjono Arif Fauzan
Terbitan pertamaAgustus 2006
PerusahaanPT Ilalang Sakti Komunikasi
Negara Indonesia
Berpusat diSaladin Square, B 12-15, Jalan Margonda Raya No. 39, Depok
BahasaIndonesia
Situs webmajalahka.com
ISSN2087-9458

Majalah KA atau Majalah Kereta Api (MKA) adalah majalah bulanan di Indonesia yang berisi hal-hal seputar kereta api, baik lokal maupun internasional. Majalah ini diterbitkan atas prakarsa Yohanes Soegeng Setyo dan Sudjono Arif Fauzan pada pertengahan tahun 2006 dengan edisi Agustus 2006 sebagai terbitan pertamanya. Majalah ini diterbitkan oleh PT Ilalang Sakti Komunikasi (Grup Ilalang).

Sejarah

MKA bermula dari pembicaraan antara Yohanes Soegeng Setyo (Soegeng) dan Sudjono A.F. tentang banyaknya permintaan penumpang di Katalog Televisi Kereta Api (KATV) pada tahun 2006 untuk menerbitkan sebuah media informasi sektor perkeretaapian, dengan modal sendiri.[1] Sudjono kemudian meminta artikel-artikel dari para penulis di sektor kereta api untuk diterbitkan di majalah yang kemudian diberi nama Majalah KA (MKA). Pada akhirnya, terbitlah edisi pertama MKA pada bulan Agustus 2006.

Berbagai cobaan telah didapat oleh MKA. Pertama, MKA berusaha mewawancarai Ronny Wahyudi, dirut PT KAI saat itu, namun tiba-tiba MKA mendapat jawaban tidak boleh diterbitkan jika tak ada izin dari KAI. Dalam keadaan kritis, akhirnya ada kabar menggembirakan. Majalah KA diizinkan terbit dan bahkan kedudukan MKA penting sebagai media komunikasi dan informasi seputar perkeretaapian.

Hingga tahun 2015, MKA menjadi sangat populer sebagai satu-satunya majalah cetak bertema perkeretaapian di Indonesia dan telah memiliki media siber di situs web resminya, majalahka.com Edisi Juni 2015 menjadi edisi cetak terakhirnya, dan mulai Juli MKA kemudian beralih ke media siber.[2]

Galeri

Referensi

  1. ^ Majalah KA Edisi ke-100. November 2014
  2. ^ Majalah KA Edisi Juni 2015

Pranala luar