Peladen proksi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 1: Baris 1:
[[File:Schematic Proxy Server.svg|thumb|350px|Representasi skematis dari sebuah peladen perantara: di sini komputer sedang bertindak sebagai peladen perantara antara dua lainnya.|alt=simpan halaman]]
[[File:Schematic Proxy Server.svg|thumb|350px|Representasi skematis dari sebuah peladen perantara: di sini komputer sedang bertindak sebagai peladen perantara antara dua lainnya.|alt=simpan halaman]]


'''Server proksi''' atau '''peladen pewali''' adalah sebuah [[perantara]] (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari penggunalayan (''client'') mencari sumber daya dari peladen lain. Penggunalayan A terhubung ke peladen perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari peladen yang berbeda. Peladen perantara menilaiuji (''evaluate'') permintaan menurut aturan penyaringan. Sebagai contoh, mungkin tapis lalu lintas oleh alamat IP atau [[protokol jaringan|kaidah jaringan]]. Jika permintaan diperiksasah (''validate'') oleh tapis, perantara menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke peladen yang berkaitpaut (''relevant'') dan meminta layanan atas nama penggunalayan. Sebuah peladen perantara secara ikhtiari (''optional'') dapat mengubah permohonan penggunalayan atau menanggapi di peladen, dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungi peladen yang ditetapkan. Dalam hal ini, tanggapan yang [[tembolok]] dari peladen pencil (''remote server''), dan selanjutnya kembali permintaan bahara (''content'') yang sama secara langsung.
'''Server proksi''' atau '''peladen ampaswali''' adalah sebuah [[perantara]] (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari penggunalayan (''client'') mencari sumber daya dari peladen lain. Penggunalayan A terhubung ke peladen perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari peladen yang berbeda. Peladen perantara menilaiuji (''evaluate'') permintaan menurut aturan penyaringan. Sebagai contoh, mungkin tapis lalu lintas oleh alamat IP atau [[protokol jaringan|kaidah jaringan]]. Jika permintaan diperiksasah (''validate'') oleh tapis, perantara menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke peladen yang berkaitpaut (''relevant'') dan meminta layanan atas nama penggunalayan. Sebuah peladen perantara secara ikhtiari (''optional'') dapat mengubah permohonan penggunalayan atau menanggapi di peladen, dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungi peladen yang ditetapkan. Dalam hal ini, tanggapan yang [[tembolok]] dari peladen pencil (''remote server''), dan selanjutnya kembali permintaan bahara (''content'') yang sama secara langsung.


Kebanyakan peladen pewali merupakan pewali web, yang mengizinkan penggunanya untuk memperoleh bahara di Internet.
Kebanyakan peladen pewali merupakan pewali web, yang mengizinkan penggunanya untuk memperoleh bahara di Internet.

Revisi per 25 Maret 2015 21.03

simpan halaman
Representasi skematis dari sebuah peladen perantara: di sini komputer sedang bertindak sebagai peladen perantara antara dua lainnya.

Server proksi atau peladen ampaswali adalah sebuah perantara (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari penggunalayan (client) mencari sumber daya dari peladen lain. Penggunalayan A terhubung ke peladen perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari peladen yang berbeda. Peladen perantara menilaiuji (evaluate) permintaan menurut aturan penyaringan. Sebagai contoh, mungkin tapis lalu lintas oleh alamat IP atau kaidah jaringan. Jika permintaan diperiksasah (validate) oleh tapis, perantara menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke peladen yang berkaitpaut (relevant) dan meminta layanan atas nama penggunalayan. Sebuah peladen perantara secara ikhtiari (optional) dapat mengubah permohonan penggunalayan atau menanggapi di peladen, dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungi peladen yang ditetapkan. Dalam hal ini, tanggapan yang tembolok dari peladen pencil (remote server), dan selanjutnya kembali permintaan bahara (content) yang sama secara langsung.

Kebanyakan peladen pewali merupakan pewali web, yang mengizinkan penggunanya untuk memperoleh bahara di Internet. Peladen pewali memiliki banyak jenis sesuai dengan tujuanya, termasuk:

  • Menjaga mesin,terutama untuk keamanan komputer.[1]
  • Meningkatkan pencapailaluan ke sumber (menggunakan penembolokan). Pewali web biasanya digunakan sebagai tembolok halaman Internet dari peladen web.[2]
  • Menerapkan aturan pencapailaluan terhadap Internet atau isinya, mis. memblokir situs yang tak diinginkan.
  • Menyediakan pelaporan penggunaan Internet karyawan perusahaan demi pelaporan pengujian.
  • Melewati kendali keamanan/ortu.
  • Memindai perpindahan bahara bila pernah terlacak perangkat perusak sebelumya.
  • Untuk memindai bahara yang menuju keluar, misalnya untuk perlindungan data dari kebocoran.
  • Untuk menghindari pembatasan regional.

Sebuah peladen pewali yang melewati permintaan dan balasan yang belum diubah biasanya disebut gerbang (gateway) atau kadang disebut pewali penerowongan (tunneling proxy).

Sebuah peladen pewali dapat ditempatkan di komputer lokal pengguna atau pada berbagai titik antara pengguna dan server tujuan di Internet.

Sebuah pewali terbalik (reverse proxy) adalah Internet yang menghadap peladen pewali yang digunakan sebagai sisi utama untuk mengendalikan dan melindungi pencapailaluan ke peladen di jaringan pribadi, umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti pengimbangan muatan (load balancing), dekripsi otentikasi, atau penembolokan (caching).

Daftar pustaka

  1. ^ "How-to". Linux.org. The proxy server is, above all, a security device. 
  2. ^ Thomas, Keir (2006). Beginning Ubuntu Linux: From Novice to Professional. Apress. A proxy server helps speed up Internet access by storing frequently accessed pages 

Pranala luar