Muhammad V dari Kelantan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-Karir +Karier)
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k penggantian teks otomatis dengan menggunakan mesin AutoWikiBrowser, replaced: beliau → dia (2), Beliau → Dia (3)
Baris 23: Baris 23:
|occupation =
|occupation =
|}}
|}}
'''Duli Yang Maha Mulia Sultan Muhammad ke-V''' ({{lahirmati||6|10|1969}}) adalah [[Sultan Kelantan]] ke-29, Yang dimasyurkan sebagai Sultan Kelantan pada [[13 September]] [[2010]] <ref>''[http://www.malaysiandigest.com/news/36-local/8447-tengku-muhammad-faris-proclaimed-as-sultan-of-kelantan.html Tuanku Muhammad Faris Petra Sultan Baru''] Kelantan, Bernama (melalui www.malaysiandigest.com), 13 September 2010. Dicapai 3 November 2010. </ref> bersamaan Artikel Baru 4 Syawal 1431 Hijrah. Sebelumnya beliau bergelar '''Tengku Mahkota Kelantan, Tengku Muhammad Faris Petra lbni Sultan lsmail Petra''', merupakan putera Sulung Sultan Kelantan, [[Sultan Ismail Petra Ibni Al-Marhum Sultan Yahya Petra]]. Baginda mempunyai 3 Orang adinda iaitu Yang Amat Mulia [[Tengku Muhammad Faiz Petra lbni Sultan Ismail Petra]], Yang Amat Mulia [[Tengku Muhammad Fakhry Petra lbni Sultan lsmail Petra]], dan Yang Amat Mulia [[Tengku Amalin Aisyah Putri lbni Sultan lsmail Petra]].
'''Duli Yang Maha Mulia Sultan Muhammad ke-V''' ({{lahirmati||6|10|1969}}) adalah [[Sultan Kelantan]] ke-29, Yang dimasyurkan sebagai Sultan Kelantan pada [[13 September]] [[2010]] <ref>''[http://www.malaysiandigest.com/news/36-local/8447-tengku-muhammad-faris-proclaimed-as-sultan-of-kelantan.html Tuanku Muhammad Faris Petra Sultan Baru''] Kelantan, Bernama (melalui www.malaysiandigest.com), 13 September 2010. Dicapai 3 November 2010.</ref> bersamaan Artikel Baru 4 Syawal 1431 Hijrah. Sebelumnya dia bergelar '''Tengku Mahkota Kelantan, Tengku Muhammad Faris Petra lbni Sultan lsmail Petra''', merupakan putera Sulung Sultan Kelantan, [[Sultan Ismail Petra Ibni Al-Marhum Sultan Yahya Petra]]. Baginda mempunyai 3 Orang adinda iaitu Yang Amat Mulia [[Tengku Muhammad Faiz Petra lbni Sultan Ismail Petra]], Yang Amat Mulia [[Tengku Muhammad Fakhry Petra lbni Sultan lsmail Petra]], dan Yang Amat Mulia [[Tengku Amalin Aisyah Putri lbni Sultan lsmail Petra]].


== Tengku Mahkota ==
== Tengku Mahkota ==
Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Faris Petra telah ditahktakan sebagai Tengku Mahkota Kelantan pada Oktober [[1985]]. Pada 24 Mei [[2009]], ia kemudian diangkat sebagai Pemangku Sultan Kelantan, setelah ayah beliau [[Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra]] mendapat perawatan susulan di Rumah Sakit Mount Elizabeth, [[Singapura]].
Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Faris Petra telah ditahktakan sebagai Tengku Mahkota Kelantan pada Oktober [[1985]]. Pada 24 Mei [[2009]], ia kemudian diangkat sebagai Pemangku Sultan Kelantan, setelah ayah dia [[Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra]] mendapat perawatan susulan di Rumah Sakit Mount Elizabeth, [[Singapura]].


== Pendidikan dan Karier ==
== Pendidikan dan Karier ==
Beliau mendapat pendidikan awal di [[Kota Baru]], [[Kelantan]] dan di [[Kuala Lumpur]] dan seterusnya di Oakham School Rutland, [[England]] sehingga [[1989]] sebelum melanjutkan pendidikan dalam bidang Kajian Diplomatik di Sekolah Tinggi St. Cross dan Oxford Centre for Islamic Studies sehingga 1991.
Dia mendapat pendidikan awal di [[Kota Baru]], [[Kelantan]] dan di [[Kuala Lumpur]] dan seterusnya di Oakham School Rutland, [[England]] sehingga [[1989]] sebelum melanjutkan pendidikan dalam bidang Kajian Diplomatik di Sekolah Tinggi St. Cross dan Oxford Centre for Islamic Studies sehingga 1991.


Beliau juga turut terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan olahraga dan juga aktif berperan dalam organisasi terkait dengan keamanan dan militer. Beliau telah diangkat sebagai Komandan 506 Askar Wataniah (Tentera Pengawal Perbatasan) berpangkat Brigedier Jenderal (Kehormatan).
Dia juga turut terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan olahraga dan juga aktif berperan dalam organisasi terkait dengan keamanan dan militer. Dia telah diangkat sebagai Komandan 506 Askar Wataniah (Tentera Pengawal Perbatasan) berpangkat Brigedier Jenderal (Kehormatan).


== Pemecatan Tengku Temenggong Kelantan ==
== Pemecatan Tengku Temenggong Kelantan ==

Revisi per 14 Februari 2015 10.17

Sultan Muhammad ke-V
Duli Yang Maha Mulia Sultan Muhammad ke-V
Berkas:Tuanku Muhammad Faris.JPG
Berkuasa13 September 2010 – kini
PendahuluSultan Ismail Petra
WangsaKelantan
Nama lengkap
Tengku Muhammad Faris Petra lbni Sultan lsmail Petra
AyahSultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra
IbuTengku Anis Binti Tengku Abdul Hamid
PasanganTengku Zubaidah Binti Tengku Norudin

Duli Yang Maha Mulia Sultan Muhammad ke-V (lahir 6 Oktober 1969) adalah Sultan Kelantan ke-29, Yang dimasyurkan sebagai Sultan Kelantan pada 13 September 2010 [1] bersamaan Artikel Baru 4 Syawal 1431 Hijrah. Sebelumnya dia bergelar Tengku Mahkota Kelantan, Tengku Muhammad Faris Petra lbni Sultan lsmail Petra, merupakan putera Sulung Sultan Kelantan, Sultan Ismail Petra Ibni Al-Marhum Sultan Yahya Petra. Baginda mempunyai 3 Orang adinda iaitu Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Faiz Petra lbni Sultan Ismail Petra, Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Fakhry Petra lbni Sultan lsmail Petra, dan Yang Amat Mulia Tengku Amalin Aisyah Putri lbni Sultan lsmail Petra.

Tengku Mahkota

Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Faris Petra telah ditahktakan sebagai Tengku Mahkota Kelantan pada Oktober 1985. Pada 24 Mei 2009, ia kemudian diangkat sebagai Pemangku Sultan Kelantan, setelah ayah dia Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra mendapat perawatan susulan di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura.

Pendidikan dan Karier

Dia mendapat pendidikan awal di Kota Baru, Kelantan dan di Kuala Lumpur dan seterusnya di Oakham School Rutland, England sehingga 1989 sebelum melanjutkan pendidikan dalam bidang Kajian Diplomatik di Sekolah Tinggi St. Cross dan Oxford Centre for Islamic Studies sehingga 1991.

Dia juga turut terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan olahraga dan juga aktif berperan dalam organisasi terkait dengan keamanan dan militer. Dia telah diangkat sebagai Komandan 506 Askar Wataniah (Tentera Pengawal Perbatasan) berpangkat Brigedier Jenderal (Kehormatan).

Pemecatan Tengku Temenggong Kelantan

Tengku Muhammad Faris Petra, ‘memecat’ Tengku Muhammad Fakhry Sultan Ismail Petra dari Dewan Pemerintahan Istana Kelantan sekaligus jawatan Tengku Temenggung Kelantan. Tengku Muhammad Faris mengatakan Tengku Muhammad Fakhry telah rela melakukan perbuatan yang salah oleh merepresentasikan diri mereka sebagai memiliki kekuatan untuk bertindak atas nama Sultan Kelantan dalam hal-hal yang berkaitan dengan urusan negara, mengakibatkan pelanggaran hak-haknya. Tindakan Tengku Muhammad Fakhry telah menyebabkan kegelisahan dan kebingungan di kalangan masyarakat. Pemecatan Tengku Muhammad Fakhry adalah wajar dan jika ia terus menjawat jawatan tersebut akan menyebabkan konsekuensi serius ke Kesultanan Kelantan dan dampak administrasi.[2]

References

  1. ^ Tuanku Muhammad Faris Petra Sultan Baru Kelantan, Bernama (melalui www.malaysiandigest.com), 13 September 2010. Dicapai 3 November 2010.
  2. ^ http://thestar.com.my/news/story.asp?file=/2010/3/31/nation/20100331135220&sec=nation
Didahului oleh:
Sultan Ismail Petra
Sultan Kelantan
13 September 2010–sekarang
Petahana