Amerta: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: ja:アムリタ
sedikit merapikan
Baris 1: Baris 1:
'''Amerta''' ([[bahasa Sansekerta]], ''amṛta'', ke-tidak-mati-an, Ambrosia; dari ''mr'' = maut) dalam [[mitologi Hindu]] dan [[mitologi Buddha]], adalah minuman para [[Dewa]] yang dihasilkan dari mengaduk-aduk samudra. Ceritanya terdapat dalam kitab [[Adiparwa]].
'''Amerta''' ([[bahasa Sansekerta]] ''amṛta'' dan [[Dewanagari]] अमृत;) dalam [[mitologi Hindu]] dan [[mitologi Buddha]], adalah minuman para [[Dewa]] yang dihasilkan dari mengaduk-aduk samudra. Ceritanya terdapat dalam kitab [[Adiparwa]].


Kata amerta secara harafiah artinya adalah "ke-tidak-mati-an" dan berasal dari akar kata ''mr'' yang berarti maut. Dalam mitologi Yunani amerta dikenal sebagai ambrosia.


==Lihat pula==
==Lihat pula==

Revisi per 8 Juli 2007 07.04

Amerta (bahasa Sansekerta amṛta dan Dewanagari अमृत;) dalam mitologi Hindu dan mitologi Buddha, adalah minuman para Dewa yang dihasilkan dari mengaduk-aduk samudra. Ceritanya terdapat dalam kitab Adiparwa.

Kata amerta secara harafiah artinya adalah "ke-tidak-mati-an" dan berasal dari akar kata mr yang berarti maut. Dalam mitologi Yunani amerta dikenal sebagai ambrosia.

Lihat pula