Air terjun Cikaso: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
29 bita dihapus ,  5 tahun yang lalu
Membalikkan revisi 8399444 oleh 39.253.238.76 (bicara)
(Membalikkan revisi 8399444 oleh 39.253.238.76 (bicara))
| world_rank =
}}
 
 
==Profil==
'''[[Curug Cikaso]]''' Adalah salah satu panorama alam Indonesia yang masih tersimpan kealamiannya, berada di selatan sukabumi. Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso. Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur. Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, dan sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Atau +/- 70 km dari Palabuhanratu. Umumnya perjalanan menuju Curug Cikaso diawali dari kota kecil Surade yang memakan waktu tempuh sekitar setengah jam (berjarak tempuh sekitar 8 km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku Curug Cikaso terletak tidak jauh dari Wisata pantai Ujung Genteng, dan juga penangkaran penyu kawasan Jawa Barat, Curug cikaso menjadi Primadona para turis baik lokal maupun manca negara untuk melepas penat setelah menjalani beberapa kesibukan kesehariannya, anda akan rasakan sensasi ketenangan yang bisa menyatu dengan alam, disini anda akan menikmata suasana yang 95 % masih alami, Di bawah limpahan curug ini terdapat kolam yang alirannya nanti langsung terjun ke laut muara Tegal Buleud, Sukabumi. Selain itu kolam kecil tersebut dapat di pakai untuk berenang, namun perlu diawasi oleh Safetyguard, karena kedalaman Curug Cikaso bisa mencapai 15 m.
<ref>[http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=278&lang=, diakses 5 April 2014</ref>
 
==Lokasi==
 
Terletak di pesisir selatan laut Jawa, tepatnya di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan [[Cibitung, Sukabumi|Cibitung]], [[Kabupaten Sukabumi|Sukabumi]], [[Jawa Barat]], Indonesia.
 
 
==Aksesbilitas==
 
Berjarak ± 90 km arah selatan dari kota Sukabumi menuju arah pantai [[Ujung Genteng]]. ± 4 jam perjalanan, dengan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi roda empat, sedangkan jika ditempuh dengan roda 2, waktu yang tempuh ± 2,5 jam, anda tidak akan merasa jenuh selama diperjalanan karena akan ditemanani dengan pemandangan yang asri, hutan yang masih hijau dan sejuk, serta kehidupan masyrakat yang masih sederhana. ada 2 jalur yang bisa anda tempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar [cinagen, Jampang kulon] masuk ke arah cikaso, Sedangkan jalur kedua dengan memutar berkeliling selama 6 jam. Ada dua jalur untuk menuju ke curug. Jalur pertama yaitu dari Pertigaan [cinagen, jampang kulon] masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan, jalur kedua yaitu dari pertigaan [cibarehong, Surade] arah [SMAN 1 Surade] masuk ke kiri, ± 3 km dari pertigaan cibarehong.
[[Berkas:Sampancikaso.jpg|jmpl|Jasa transportasi air yaitu sampan di [[curug cikaso]]]]
[[Berkas:Pantai-UG.jpg|jmpl|Keindahan pantai Pasir Putih yang alami di [[Pantai Ujung Genteng]] ]]
[[Berkas:CURUG-CIGANGSA.jpg|jmpl|Panorama keindahan alam yang alami di [[curug cigangsa]]]]
 
 
Kondisi jalan menuju kesana cukup sulit , jadi sebelum menuju ke [[Curug Cikaso]] dipastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi Prima, karena jalan yang masih banyak yang berlubang, serta medan jalan yang belum memadai, seperti tikungan yang tajam, tanjakan, dan turunan yng lumayan curam,
Tarif masuk yaitu IDR 2.000,
setelah anda tiba di curug cikaso, anda masih harus berjalan melewasi pesawahan yang hijau, ± 300 m, untuk menamabah sensasi liburan anda, an juga untuk menghemat energi anda, sebaiknya anda naik perahu/sampan, ini akan dikenakan tarif IDR 10.000/orang
 
 
 
==Wisata Lain==
== Referensi ==
{{reflist}}
 
 
{{Templat:Air terjun di Indonesia}}
[[Kategori:Air terjun di Indonesia| {{PAGENAME}}]]
 
[[Kategori:Air terjun di Jawa Barat]]
[[Kategori:Obyek Wisata di Jawa Barat]]
7.257

suntingan

Menu navigasi