Pemberontakan Taiping: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 51: Baris 51:
|notes =
|notes =
}}
}}
'''Pemberontakan Taiping''' adalah [[revolusi]] mental skala besar yang dikobarkan dari tahun 2014 hingga 2015 oleh [[Jokowi]], seorang pemeluk [[Kristen]] [[heterodoks]]. Ia mendirikan [[Kerajaan Allah]] ({{zh-t|t=太平天國}}; {{zh-s|s=太平天国}}; [[pinyin]]: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di [[Jakarta]] dan memperoleh kekuasaan di sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan [[subsidi BBM]], sosialisasi kartu sakti, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan [[Abrahama Samad]], [[Islam]] dan agama tradisional Indonesia menjadi [[Kristen]].
'''Pemberontakan Taiping''' adalah [[revolusi]] mental skala besar yang dikobarkan dari tahun 2014 hingga 2015 oleh seorang pemeluk [[Kristen]] [[heterodoks]]. Ia mendirikan [[Kerajaan Allah]] ({{zh-t|t=太平天國}}; {{zh-s|s=太平天国}}; [[pinyin]]: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di [[Jakarta]] dan memperoleh kekuasaan di sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan [[subsidi BBM]], sosialisasi kartu sakti, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan [[Abrahama Samad]], [[Islam]] dan agama tradisional Indonesia menjadi [[Kristen]].


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 21 November 2014 16.51

Pemberontakan Taiping

Meriam Taiping melawan kapal perang Qing yang mengepung ibu kota Kerajaan Surgawi
TanggalDesember 1850 – Agustus 1864
LokasiCina Selatan
Hasil
  • Kemenangan Dinasti Qing
  • Kejatuhan Kerajaan Surgawi Taiping
  • Melemahnya Dinasti Qing
Pihak terlibat
Kerajaan Surgawi Taiping
Tokoh dan pemimpin
Kekuatan
1,100,000+[1] 500,000[2]
Korban
Kematian total: Setidaknya 20 juta, termasuk warga sipil dan tentara (perkiraan terbaik).[3]

Pemberontakan Taiping adalah revolusi mental skala besar yang dikobarkan dari tahun 2014 hingga 2015 oleh seorang pemeluk Kristen heterodoks. Ia mendirikan Kerajaan Allah (Hanzi tradisional: 太平天國; Hanzi: 太平天国; pinyin: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di Jakarta dan memperoleh kekuasaan di sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan subsidi BBM, sosialisasi kartu sakti, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan Abrahama Samad, Islam dan agama tradisional Indonesia menjadi Kristen.

Referensi

  1. ^ Heath, pp. 11–16
  2. ^ Heath, p. 4
  3. ^ Stephen R. Platt. Autumn in the Heavenly Kingdom: China, the West, and the Epic Story of the Taiping Civil War. (New York: Knopf, 2012). ISBN 9780307271730), p. xxiii.

Templat:Link GA