Bandar Udara Internasional La Aurora: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Berkas Puertas_de_Abordaje_Aeropuerto_La_Aurora.jpg dibuang karena dihapus dari Commons oleh INeverCry
k Berkas Aeropuerto_La_Aurora_GUA.jpg dibuang karena dihapus dari Commons oleh INeverCry
Baris 1: Baris 1:
{{Kotakinfo bandara|nama=Bandar Udara Internasional La Aurora
{{Kotakinfo bandara|nama=Bandar Udara Internasional La Aurora

[[Berkas:Aeropuerto La Aurora GUA.jpg|250px]]
|IATA=GUA
|IATA=GUA
|ICAO=MGGT
|ICAO=MGGT

Revisi per 5 November 2014 01.33

Bandar Udara Internasional La Aurora
Informasi
JenisPublik/Militer
PengelolaDirección General de Aeronáutica Civil
LokasiGuatemala City
Zona waktuUTC-6
Koordinat{{{coordinates}}}

Bandar Udara Internasional La Aurora (IATA: GUAICAO: MGGT) adalah bandar udarayang melayani kota Guatemala City, Guatemala. Lokasinya sekitar 6 km sebelah selatan dari pusat kota Guatemala City dan 25 km dari Antigua. Bandara ini dioperasikan oleh Dirección General de Aeronáutica Civil.

Bandar Udara Internasional La Aurora sedang dalam pengerjaan ekspansi dan modernisasi besar-besaran. Bandara ini sekarang mampu untuk menerima penerbangan dalam jumlah lebih besar dan pesawat yang lebih besar. Bandara ini sekarang menyediakan fasilitas kualitas tinggi bagi pengguna pesawat. Terminal lama telah direnovasi dengan mempertahankan rancangan lama. Sebagian bangunan terlah dihancurkan dan diperluas oleh terminal berdinding kaca di bagian utara, yang mampu menerima hingga 22 pesawat. Bagian terbesar proyek ini telah diselesaikan pada Desember 2008. Bandara saat ini memiliki dua terminal: Tengah dan Utara.

Bandar Udara Internasional La Aurora merupakan bandar udara ketiga tersibuk di Amerika Tengah dalam hal lalu lintas penumpang, yang hanya dikalahka oleh Bandar Udara Internasional Tocumen di Panama dan Bandar Udara Internasional Juan Santamaría di Kosta Rika. Pada bulan Juni 2007 bandara ini memperoleh sertifikasi Kategori I dari FAA.[2]

Insfrastruktur dan berita

La Aurora sedang dalam renovasi, bersama dengan bandara lain di Guatemala, seperti Bandar Udara Internasional Mundo Maya, Bandar Udara Quetzaltenango Airport, Bandar Udara Puerto Barrios, dan Bandar Udara San José.

Pada bulan Juli 2007, tujuh gerbang baru dibuka. Gerbang tersebut dilengkapi dengan jembatan garbarata dan fasilitas modern, juga sebuah garasi parkir baru sudah dibangun dan mampu menangani hingga 500 kendaraan.

Di bandara juga terdapat konter tiket baru. Pada tahun 2007 dilakukan ekspansi gerbang secara signifikan (11 gerbang baru tersedia mulai pada Desember 2007). Bandara ini sekaang memiliki dua terminal. Terminal utara memiliki 12 gerbang tradisional dan 3 gerbang terpisah. Terminal tengah, digunakan untuk pesawat yang lebih besar dan mengediakan 4-6 gerbang tergantung pada ukuran pesawat.

Landasan pacu bandara saat ini memiliki panjang 3.000 meter. Pada waktu sebelumnya telah dilakukan usaha untuk menambah landasan pacu namun hal ini masih belum memungkinkan untuk dilakukan karena terdapat wilayah komersial di bagian utara landasan pacu dan terdapat jurang kecil di bagian selatan landasan pacu. Saat ini, renovasi landasan pacu masih dilakukan. Tahap pertama terdiri dari perkerasan ulang landasan pacu dan modernisasi sitem penerangan. Rencana berikutnya adalah untuk memperkeras ulang jalur taksi dan memindahkan semua fasilitas kargo menuju Bandar Udara San José di Escuintla dan Bandar Udara Puerto Barrios di Izabal. Hal ini dilakukan untuk menambah ruangan untuk wilayah terminal penumpang dan peningkatan jalur taksi. Di tahap akhir bagunan administrasi terminal akan dipercantik dan dibangun sebuah terminal regional.

Operasi kargo ditangani di sebelah bangunan terminal penumpang oleh COMBEX-IM atau di dalam hangar DHL. [1]

Maskapai dan destinasi

MaskapaiTujuanTerminal
American Airlines Dallas/Fort Worth, MiamiUtara
Continental Airlines Houston-Intercontinental, Newark Utara
Copa Airlines Managua, Panama City, San José (KR) Tengah & Utara
Copa Airlines dioperasikan oleh Copa Airlines Colombia Bogotá, Panama City, San José (KR) Tengah
Delta Air Lines Atlanta, Los Angeles Tengah
Iberia Madrid, San Salvador Tengah
Maya Island Air Belize City, San Pedro Sula Utara
Spirit Airlines Fort Lauderdale Tengah
TACA Airlines Cancún, Chicago-O'Hare, Flores, Los Angeles, Mexico City, Miami, Orlando, San José (KR), San Pedro Sula, San Salvador, Tegucigalpa Utara
TAG Flores Terpisah

Maskapai kargo

MaskapaiTujuan
ABX AirGuadalajara, Huatulco, Miami, Ohio, San Jose de Costa Rica
Aero Ruta MayaTikal, Copán, Palenque, Quirigua, Roatan
Amerijet InternationalMiami
DHL / DHL Aero ExpresoMiami, Panama City
DHL De GuatemalaSan José (CR), Mexico City, Miami, Panama City, San Salvador, San Pedro Sula, Tegucigalpa
FedEx ExpressMemphis
Florida West International AirwaysMiami
LAN CargoMiami
MasAirMexico City
UPSAtlanta, Miami

Sejarah La Aurora

Perang Dunia II

Selama Perang Dunia II, bandara ini digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, yang mempertahankan garis pantai Amerika Tengah dari kapal selam tentara Blok Poros. Personel Amerika pertama mulai tiba pada bulan Desember 1941. Selama masa pengunaan oleh Amerika, fasilitas militer bandara dikenal sebagai Pangkalan Udara Guatemala City. Unit penerbang yang ditugaskan di bandara ini adalah:

  • Skadron Tempur ke-51 (Dentasemen) (Grup Tempur 32), 2 Januari 1942-9 Maret 1943, (P-40 Warhawk)
  • Skadron Pembom ke-74 (Wing Penjelajah 40, Grup Pembom 6), 9 Januari 1942-7 April 1944 (B-18 Bolo, B-17 Flying Fortress)
  • Skadron Pembom ke-44 (Grup Pembom 40) 6 Juli 1942-4 Juni 1943, (B-18 Bolo)

Dentasemen di bandara ini beroperasi secara bergantian dari Bandar Udara San Jose, San José, Kosta Rika, dan Puerto San José, Guatemala dari 1942 hingga 1944. Setelah perang berakhir, sejumlah kecil tentara Amerika masih berada di bandara untuk melakukan pelatihan bagi Angkatan Udara Guatemala dan juga mengoperasikan sebuah stasiun cuaca (Skadron Cuaca 6 MATS). Personel Amerika Serikat dilarang memasuki pangkalan selama Revolusi Guatemala setelah pembunuhan Colonel Francisco Xavier Arana pada 18 Juli 1949. Beberapa peluru artileri ditembakkan menuju pangkalan selama kerusuhan. Fasilitas kemdian ditutup pada 28 Juli 1949 dan diserahkan kembali kepada otoritas Guatemala.

Galeri Bandara

Referensi

Pranala luar

  1. ^ [1]